Tahun Baru 2023, Ini Rekayasa Lalin dan Kantong Parkir di Ancol

Rabu, 28 Desember 2022 - 13:43 WIB
loading...
Tahun Baru 2023, Ini Rekayasa Lalin dan Kantong Parkir di Ancol
Kasat Lantas Polres Jakarta Utara Kompol Edy Purwanto memaparkan rencana rekayasa lalin di Kawasan Taman Impian Jaya Ancol saat Tahun Baru 2023.Foto/MPI/Yohannes Tobing
A A A
JAKARTA - Polres Jakarta Utara menyiapkan rekayasa lalu lintas mengantisipasi kepadatan pada libur Tahun Baru 2023 di Taman Impian Jaya Ancol . Tak itu saja kepolisian juga menyiapkan lokasi parkir di luar Ancol bila terjadi kenaikan jumlah pengunjung.

Kasat Lantas Polres Jakarta Utara Kompol Edy Purwanto mengatakan, telah berkoordinasi dengan lintas sektoral dan juga pengelola Ancol hingga Pantai Indah Kapuk untuk melakukan rekayasa lalu lintas.

"Untuk malam Tahun Baru di sekitaran Ancol kami akan melaksanakan rekayasa lalu lintas berdasarkan eskalasi situasi arus lalin dalam hal ini nanti kami akan menerapkan di saat situasi hijau, situasi kuning, dan situasi merah," kata Edy saat dikonfirmasi Rabu (28/12/2022).

Edy menjelaskan, terkait dengan situasi hijau melihat dari indikator bahwa kantong kantong parkir di dalam Ancol masih menampung sehingga arus lalin berjalan seperti biasanya.

Sementara itu untuk situasi kuning hal ini dilihat apabila kantong parkir di dalam Ancol itu sudah tidak muat. Nantinya parkir kendaraan akan menggunakan kantong parkir cadangan di sekitar Kemayoran.

"Kantong parkir cadangan yang disiapkan di Jalan Kemayoran atau lahan yang ada di dekat Wisma Atlet," ujarnya. Baca: Cegah Kemacetan, Polisi Rekayasa Lalu Lintas di Pasar Ikan saat Malam Tahun Baru

Selanjutnya situasi lalin merah itu berarti di sekitaran Ancol untuk arus lalin stuck atau tidak bergerak dengan radius 1 Kilometer.

"Untuk lalin bila terjadi stuck nanti akan dialihkan yang dari arah Penjaringan nanti di perempatan Parangtritis akan diarahkan ke Kampung Bandan. Kemudian yang dari arah Kemayoran akan diputar balik di Bundaran Kemayoran," tuturnya.

Edy menjelaskan, pihaknya juga akan menyekat arus lalu lintas yang dari arah Gunung Sahari dan di alihkan di TL Mangga Dua arah kiri atau Jakarta Pusat hal ini juga berlaku dari arah Tanjung Priok.

"Untuk di dalam tol kami sudah koordinasi dengan Kasat PJR apabila situasi merah, arus lalin dari Ancol Barat nanti akan diluruskan ke arah Tanjung Priok begitu juga untuk arah yang dari Cawang kita luruskan ke Muara karang," jelasnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1690 seconds (0.1#10.140)