Beda dengan BRIN Soal Badai, BMKG: Besok Jabodetabek Hujan Ekstrem

Selasa, 27 Desember 2022 - 17:25 WIB
loading...
Beda dengan BRIN Soal Badai, BMKG: Besok Jabodetabek Hujan Ekstrem
BMKG memprediksi akan terjadi hujan ekstrem di Jabodetabek pada Rabu 28 Desember 2022. Namun, hujan ekstrem itu bukanlah badai. Foto: Ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika ( BMKG ) memprediksi akan terjadi hujan ekstrem di Jabodetabek pada Rabu 28 Desember 2022. Namun, hujan ekstrem tersebut bukanlah masuk kategori badai.

Demikian disampaikan oleh Kepala BMKG Dwikorita Karnawati dalam paparannya secara daring, Selasa (27/12/2022).

"Hujan ekstrem enggak harus berupa badai. Dan hujan ekstrem diprediksi, jadi trennya sudah terlihat sejak 21 Desember dan trennya semakin meningkat di (tanggal) 29 Desember, jadi itu hujan lebat, bukan pusaran, istilah badai kan pusaran, pusaran angin dan disertai hujan lebat. Kalau Jabodetabek itu 28 Desember masih belum ada merahnya, yang dikhawatirkan Jawa Tengah dan Laut Jawa," kata Dwikorita.

Dia menjelaskan, istilah badai, terminologi badai itu kurang lebih merupakan siklon tropis. Jadi, kata dia, pusaran angin yang kencang yang juga mengakibatkan hujan ekstrem, itu badai.

"Itu dideteksi akan terjadi tadi di wilayah sebelah utara Papua, dan juga sedang berproses, tapi kemungkinan terjadi katanya rendah di wilayah selatan barat Indonesia, itu dimaksud badai sesungguhnya," sambungnya.

Dwikorita menegaskan, cuaca di wilayah Jabodetabek besok masih dalam kategori aman. Intensitas hujan besok, kata Dwikorita, adalah hujan ringan hingga sedang. "Nah Jawa Barat atau Jabodetabek itu 28 Desember masih hijau, jadi insyaallah tidak, jadi hijau itu sedang, ringan sampai sedang," katanya.



Pada kesempatan yang sama, Deputi Meteorologi BMKG Guswanto meminta semua pihak berhati-hati dalam penggunaan istilah. Dia memastikan, hujan esktrem dan badai itu berbeda.

"Saya ingin perkuat Kepala BMKG bahwa hati-hati dalam penggunaan istilah, dalam berita beredar ada istilah badai, serangan badai, barangkali perlu diluruskan, ini adalah hujan lebat, kalau kita lihat ada legendanya," kata Guswanto.

Sebelumnya, Pusat Riset Iklim dan Atmosfer Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) mengungkapkan potensi hujan ekstrem dan badai di wilayah Jabodetabek pada Rabu 28 Desember 2022. Analisa itu berdasarkan dari Satellite Early Warning System (Sadewa).

“Siapa pun Anda yang tinggal di Jabodetabek dan khususnya Tangerang atau Banten, mohon bersiap dengan hujan ekstrem dan badai dahsyat pada 28 Desember 2022,” ujar Peneliti Klimatologi pada Pusat Riset Iklim dan Atmosfer BRIN Erma Yulihastin melalui media sosial Twitter pribadinya @Eyulihastin, dikutip Selasa (27/12/2022).
(mhd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2819 seconds (0.1#10.140)