GP Ansor DKI Resmikan Depot Air Minum Gratis di Condet Jakarta Timur

Sabtu, 24 Desember 2022 - 06:54 WIB
loading...
GP Ansor DKI Resmikan Depot Air Minum Gratis di Condet Jakarta Timur
GP Ansor DKI Jakarta meresmikan depot air minum gratis untuk warga di Kantor MWC NU Kramatjati, Condet, Jakarta Timur. Foto: Istimewa
A A A
JAKARTA - Gerakan sedekah air kembali dilakukan Gerakan Pemuda (GP) Ansor DKI Jakarta. Kali ini, Pimpinan Wilayah GP Ansor DKI Jakarta meresmikan depot air minum gratis untuk warga di Kantor MWC NU Kramatjati, Condet, Jakarta Timur .

Peresmian tersebut merupakan lanjutan dari gerakan sedekah air siap minum untuk warga yang sebelumnya telah diresmikan di kantor Ansor Jakarta Selatan dan Masjid Miftahul Jannah, Benhil, Jakarta Pusat.

Ketua PW GP Ansor DKI Jakarta Muhammad Ainul Yakin menyampaikan, gerakan sedekah air minum yang digagas ini merupakan upaya untuk membantu masyarakat Jakarta yang membutuhkan.

"Launching gerakan sedekah hari ini merupakan yang ketiga, setelah di Kantor PW Ansor DKI dan Masjid Miftahul Jannah Benhil. Kami targetkan di tiap kecamatan ada satu (depot), di DKI kan ada 44 kecamatan, kami harap berikhtiarlah agar di tiap kecamatan ada satu titik," ujar Ainul Yakin, Jumat 23 Desember 2022.



Lebih lanjut, Ainul Yakin menilai, gerakan sedekah air minun gratis diharapkan bisa membantu masyarakat karena air merupakan kebutuhan dasar. Sedekah air dan makanan juga menjadi budaya sendiri di lingkungan warga NU dan telah dicontohkan oleh sahabat Nabi Usman bin Affan.

"Salah satu budaya Nahdaltul Ulama yaitu sedekah. Mereka (warga NU) lebih senang sedekah dalam bentuk makanan atau air minum daripada uang. Setiap ada kenduri atau tahlilan juga mereka jadikan ladang untuk bersedekah, itu sudah dilakukan oleh para kiai dan guru-guru kita seperti Imam Ja'far Ash-Shadiq, guru Imam Syafi'i," tambah Ainul Yakin.

Ainul Yakin menekankan, jika air gratis yang disiapkan untuk seluruh masyarakat tanpa ketentuan apa pun dengan jumlah air yang tak terbatas.Ia berharap, gerakan sedekah air siap minum ini bisa menginspirasi banyak pihak untuk melakukan hal yang sama.
(mhd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1371 seconds (0.1#10.140)