Bamus Betawi Resmi Bersatu, Heru Budi: Semoga Dapat Mendukung Pembangunan Jakarta

Kamis, 22 Desember 2022 - 19:08 WIB
loading...
Bamus Betawi Resmi Bersatu, Heru Budi: Semoga Dapat Mendukung Pembangunan Jakarta
Deklarasi Majelis Amanah Persatuan Kaum Betawi berlangsung di Balai Kota Jakarta, Kamis (22/12/2022). Foto: MPI/Refi Sandi
A A A
JAKARTA - Badan Musyawarah (Bamus) Betawi dan Bamus Suku Betawi 1982 resmi melebur menjadi Majelis Amanah Persatuan Kaum Betawi yang diketuai Marullah Matali. Pj Gubernur DKI Heru Budi Hartono berharap penyatuan ini bisa mendukung pembangunan Jakarta.

Deklarasi Majelis Amanah Persatuan Kaum Betawi berlangsung di Balai Kota Jakarta, Kamis (22/12/2022). Diawali dengan pembacaan isi deklarasi dari perwakilan Bamus Betawi dan Bamus Suku Betawi 1982.

Kemudian dilanjutkan pembubuhan tandatangan oleh sejumlah tokoh, di antaranya Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono, Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi, Wagub DKI periode 1984-1987 Mayjen TNI (Purn) Eddie Marzuki Nalapraya, Gubernur DKI Jakarta periode 2007-2012 Fauzi Bowo, Ketua Bamus Betawi 1982 Zainuddin alias Haji Oding, serta Ketua Bamus Betawi Riano P Achmad.



Pj Gubernur Heru mengucapkan selamat atas terselenggaranya deklarasi Majelis Amanah Persatuan Kaum Betawi. Ia optimistis Majelis Amanah di bawah kepemimpinan Marullah Matali itu dapat mendukung kegiatan pembangunan di Jakarta.

"Saya mengucapkan selamat dan apresiasi atas deklarasi kaum Betawi. Semoga optimis ini dapat diteruskan, dijalankan untuk mendukung kegiatan pembangunan DKI Jakarta oleh Kaum Betawi untuk Kota Jakarta yang kita cintai ini," kata Heru.

Sementara itu, Ketua Majelis Amanah Persatuan Kaum Betawi Marullah Matali menjelaskan, awalnya kedua Bamus Betawi diwarnai sejumlah dinamika. Namun, seiring waktu dinamika itu berkurang menjadi sebuah komitmen untuk rekonsiliasi bersatu.

Baca juga: Satukan Bamus Betawi, Pj Gubernur Heru: Mari Pertahankan Keharmonisan di Jakarta

"Ini adalah majelis menaungi semua ormas Betawi. Ada dua yang keduanya pernah terjadi dinamika di dalamnya, yaitu Bamus Betawi dan Bamus Suku Betawi 1982. Bamus Betawi dibawah kepemimpinan Riano P Achmad dan Bamus Suku Betawi 1982 Zainuddin alias Haji Oding," ujar Marullah.

"Dua-duanya setelah beberapa waktu lalu telah bersepakat untuk rekonsiliasi dan menyatu, maka melebur jadi Majelis Amanah Persatuan Kaum Betawi," tambahnya.

Marullah yang juga menjabat sebagai Deputi Gubernur DKI Bidang Pariwisata dan Kebudayaan itu memohon doa dan dukungan agar masyarakat Betawi ke depan solid untuk bersama-sama membangun Jakarta.
(thm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1446 seconds (0.1#10.140)