Sambaran Petir Diduga Jadi Pemicu Kebakaran Permukiman Padat di Manggarai 

Minggu, 18 Desember 2022 - 07:45 WIB
loading...
Sambaran Petir Diduga Jadi Pemicu Kebakaran Permukiman Padat di Manggarai 
Petir diduga menjadi pemicu kebakaran di Manggarai Utara, Tebet, Jakarta Selatan, Sabtu (17/12/2022). Pasalnya, sebelum kejadian hujan disertai petir terjadi di Jakarta. Foto: Ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Si jago merah melahap sejumlah bangunan semi permanen di wilayah Manggarai Utara, Tebet, Jakarta Selatan , Sabtu 17 Desember 2022. Hal ini membuat puluhan unit mobil pemadam kebakaran (Damkar) dikerahkan.

Perwira Piket Sudin Gulkarmat Jakarta Selatan Sutaka mengatakan, kebakaran ini diduga terjadi akibat sambaran petir. Hal itu berdasarkan keterangan warga sekitar lokasi kebakaran.

"Kita mendapat laporan dari warga pada pukul 15.05 WIB, laporan telah terjadi kebakaran di Manggarai Utara, ini adalah penyebab diduga oleh warga itu ada sambaran petir dan tahu-tahu api besar," terangnya kepada wartawan, Minggu (18/12/2022).

Menurutnya, sambaran petir tersebut mengenai travo atau meteran listrik di salah satu rumah warga. Hal tersebut diduga menjadi pemicu terjadinya kebakaran di Mangarai Utara.

"Kemungkinan dari ada travo atau meteran listrik yang disambar petir, diduga sementara diakibatkan oleh itu," paparnya.



Meski demikian, kata dia, pihaknya belum dapat memastikan dugaan tersebut. Meski demikian, kata dia, pemicu kebakaran itu disebabkan oleh samberan petir merupakan keterangan warga sekitar.

"Kita belum bisa menyimpulkan. diduga sementara adalah tadi ada hujan besar. Kemudian ada petir, itu ada sambaran petir salah satu indikasi nya meteran listrik kesambar oleh petir. Akhirnya terjadilah kebakaran, diduga awal seperti itu," tambah dia.

Dalam kebakaran ini kata Sutaka, pihaknya mengerahkan 28 unit pemadam dengan total 176 personel guna memadamkan api. "Kami mengerahkan sekarang total 28 unit dengan total 176 personel," imbuhnya.

Diberitakan sebelumnya, petugas damkar tengah berjibaku memadamkan api saat ini status pendinginan. "Situasi proses pendinginan (kuning)," jelasnya.

Sementara itu, berdasarkan video pada laman Instagram @humasjakfire nampak api merah dan asap membumbung tinggi ke udara. Hingga berita ini diturunkan belum diketahui penyebab kebakaran tersebut.
(mhd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2329 seconds (0.1#10.140)