Kartini Perindo Sambut Pekerja Migran yang Alami Kekerasan di Malaysia Pulang ke Tanah Air

Rabu, 14 Desember 2022 - 21:52 WIB
loading...
Kartini Perindo Sambut Pekerja Migran yang Alami Kekerasan di Malaysia Pulang ke Tanah Air
Pekerja Migran Indonesia (PMI) Suci Anjarwati yang mengalami kekerasan selama bekerja di Malaysia akhirnya bisa pulang ke Indonesia, Rabu (14/12/2022). Foto: MPI/Isty Maulidya
A A A
TANGERANG - Pekerja Migran Indonesia (PMI) Suci Anjarwati yang mengalami kekerasan selama bekerja di Malaysia akhirnya bisa pulang ke Indonesia, Rabu (14/12/2022). Kedatangan Suci disambut Kartini Perindo dan Relawan Perempuan dan Anak (RPA) Perindo yang sebelumnya ikut membantu proses pemulangan Suci.

Wakil Ketua DPP Kartini Perindo Ratih Gunaevy mengatakan Suci hanyalah satu dari pekerja migran lain yang juga mengalami kasus serupa. Kasus kekerasan pada pekerja migran tentunya harus menjadi perhatian khusus terlebih sebagian besar korban merupakan PMI yang tidak memiliki dokumen keimigrasian lengkap seperti Suci.
Baca juga: RPA Perindo Bantu Pulangkan PMI Korban Kekerasan dari Malaysia

"Tentunya ini harus jadi perhatian bersama terutama agar agensi penyalur PMI diawasi ketat. Pengawasan diperlukan agar peristiwa seperti yang dialami Ibu Suci ini bisa dihindari," ujar Ratih di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Rabu (14/12/2022).

Suci bisa kembali pulang ke Indonesia juga merupakan hasil kerja sama yang luar biasa dari berbagai pihak termasuk RPA Perindo, BP2MI, dan Kementerian Luar Negeri. Hal ini juga merupakan bagian upaya Perindo yang dikenal peduli dan gigih turun tangan memperjuangkan hak perempuan dan anak.

Berdasarkan informasi yang didapat Kartini Perindo, Suci Anjarwati diketahui mengalami kekerasan selama 3 tahun bekerja di Malaysia. Suci juga telah berganti majikan sebanyak 3 kali dan saat bekerja dengan majikan terakhir Suci belum mendapatkan gaji selama 5 bulan.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1508 seconds (0.1#10.140)