Ini 5 Mall Tertua di Indonesia, Terbanyak dari Jakarta

Kamis, 08 Desember 2022 - 19:47 WIB
loading...
Ini 5 Mall Tertua di Indonesia, Terbanyak dari Jakarta
Deretan mall tertua di Indonesia menjadi sebuah topik yang menarik untuk dibahas. Foto DOK SINDOnews
A A A
JAKARTA - Deretan mall tertua di Indonesia menjadi sebuah topik yang menarik untuk dibahas. Selain memiliki sejarah panjang dalam pembentukannya, sejumlah mall ini juga menjadi pelopor pusat perbelanjaan di Indonesia.

Dari sekian nama yang tercatat, Kota Jakarta menjadi penyumbang terbanyak. Berikut sejumlah mall tertua di Indonesia.

Baca juga : Jejak Sejarah Gedung Sarinah hingga Menuju Transformasi

1. Sarinah

Pada sejarahnya, Sarinah menjadi salah satu pusat perbelanjaan paling bersejarah di Indonesia. Dikutip dari laman sarinah.co.id, bangunan tersebut didirikan pada 17 Agustus 1962 dengan nama PT Department Store Indonesia.

Digagas sendiri oleh Bung Karno, Sarinah ditujukan untuk mewadahi berbagai aktivitas perdagangan di dalam negeri. Misi tersebut terealisasi dengan dibangunnya Gedung Sarinah di Jalan M.H. Thamrin, Jakarta.

Peresmiannya sendiri berlangsung pada 15 Agustus 1966 dan menjadikannya sebagai pusat perbelanjaan pertama di Indonesia. Terbaru, Sarinah telah mendapat renovasi besar-besaran sejak 2020 lalu.

Setelahnya, proyek tersebut rampung pada awal tahun 2022 lalu. Kini, Sarinah memiliki wajah baru dengan tampilan gedungnya yang elegan dan tampak modern.

2. Tunjungan Plaza Surabaya

Mall tertua di Indonesia yang berikutnya adalah Tunjungan Plaza Surabaya. Dalam sejarahnya, mall ini telah berdiri sejak tahun 1986. Dikutip dari pemberitaan MPI, awalnya Tunjungan Plaza Surabaya didirikan di atas tanah 5 hektar dengan luas sekitar 44.700,88 persegi.

Pada pembangunannya, Mall ini didesain oleh ahli dari PT Parama Consultant Jakarta yang bekerja sama dengan Paddle Throp & Walker. Sedangkan proyeknya dikerjakan PT Kardi General Contractors Internasional.

Dengan waktu sekitar 1,5 tahun pengerjaan, Tunjungan Plaza Surabaya ini diperkirakan menelan biaya investasi mencapai Rp30 miliar dan melibatkan kurang lebih 1.900 pekerja.

Baca juga : Tempat Wisata Ditutup, Warga Serbu Mall di Tangerang

3. Bandung Indah Plaza

Mall ini merupakan salah satu pusat perbelanjaan terbesar sekaligus tertua di Bandung. Dalam sejarahnya, Bandung Indah Plaza diperkirakan telah dibangun di akhir 1980-an.

Setelahnya, pusat perbelanjaan tersebut dibuka secara resmi pada pertengahan tahun 1990. Seiring waktu, eksistensi Bandung Indah Plaza tetap terjaga dan menjadi salah satu mall legendaris di Bandung.

4. Plaza Blok M

Berikutnya ada Plaza Blok M. Dikutip dari laman Pakuwon Jati, pusat perbelanjaan ini diketahui telah beroperasi sejak tahun 1991.

Berada di kawasan komersial Blok M, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, mall ini tetap konsisten dengan eksistensinya, meski telah banyak hadir saingan-saingan berupa pusat perbelanjaan baru di Jakarta.

5. Gajah Mada Plaza Jakarta

Mall tertua di Indonesia yang berikutnya adalah Gajah Mada Plaza Jakarta. Pada eksistensinya, pusat perbelanjaan yang berada di ibukota ini cukup dikenal di era 1980-an sampai 1990-an.

Demikian ulasan mengenai deretan mall tertua di Indonesia.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1334 seconds (0.1#10.140)