Ada Demo Buruh di Patung Kuda, Polisi Tutup Jalan Merdeka Barat

Kamis, 08 Desember 2022 - 11:51 WIB
loading...
Ada Demo Buruh di Patung Kuda, Polisi Tutup Jalan Merdeka Barat
Polisi menutup Jalan Merdeka Barat imbas demo buruh di Patung Kuda, Jakarta Pusat. Foto/MPI/Achmad Al Fiqri
A A A
JAKARTA - Sejumlah buruh yang mengatasnamakan Aliansi Nasional Tenaga Kerja Bongkar Muat Pelabuhan Seluruh Indonesia menggelar unjuk rasa di Patung Kuda, Jalan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Kamis (8/12/2022) siang.

Jalan Merdeka Barat yang menuju Istana Negara maupun sebaliknya ditutup oleh aparat kepolisian. Terlihat, kawat berduri dan pagar beton melintang di dua ruas Jalan Merdeka Barat, Jakarta Pusat.

Terdapat tiga unit rantis berjenis barakuda yang disiagakan. Baca juga: Imbas Demo Buruh, Polisi Tutup Akes Jalan ke Istana Negara dan Patung Kuda

Sejumlah personel kepolisian juga tengah bersiaga dan mengamankan jalannya unjuk rasa. Masa aksi aksi berjumlah ribuan terlihat kompak mengenakan kaos hitam dan mengibarkan bendera.

Dari atas mobil komando, sang orator menyatakan sikap untuk menolak rencana penerbitan Peraturan Kemenhub tentang Jenis, Struktur, Golongan, dan Mekanisme Penetapan Tarif Pelayanan Jasa Bongkar Muat Barang Dari dan ke Kapal Pelabuhan.



Mereka merasa, rencana penerbitan aturan itu tidak memberikan perlindungan dan menghilangkan hak tenaga kerja bongkar muat (TKBM) di pelabuhan. Baca juga: Demo BEM SI, Water Canon Siaga di Kawasan Patung Kuda

”Dan menghilangkan peran serta fungsi serikat pekerja serta tidak memberikan perlindungan dan pemberdayaan koperasi TKBM,” ujar Orator.
(ams)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1486 seconds (10.177#12.26)