Pagi Ini, 8 RT di Jakarta Utara Terendam Banjir Rob

Rabu, 07 Desember 2022 - 11:42 WIB
loading...
Pagi Ini, 8 RT di Jakarta Utara Terendam Banjir Rob
BPBD DKI Jakarta mencatat sebanyak delapan RT di Jakarta Utara terendam banjir rob. Tampak banjir merendam jalan perkampungan warga di Jakarta. Foto: Ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mencatat sebanyak delapan rukun tetangga (RT) di Jakarta Utara terendam banjir rob . Banjir dari air laut itu terjadi, Rabu (7/12/2022).

"Data pukul 10.30 WIB, BPBD mencatat saat ini terdapat delapan RT atau 0,026% dari 30.470 RT yang ada di wilayah DKI Jakarta," kata Kepala Satuan Pelaksana Data Pusdatin BPBD DKI Michael Sitanggang dalam keterangannya.

BPBD DKI Jakarta mengerahkan sejumlah personel untuk memonitor kondisi genangan di setiap wilayah dan mengkoordinasikan unsur Dinas SDA, Dinas Bina Marga, Dinas Gulkarmat untuk melakukan penyedotan air. Kemudian, memastikan tali-tali air berfungsi dengan baik bersama dengan para lurah dan camat setempat.

"Genangan ditargetkan untuk surut dalam waktu cepat," ujarnya.

Adapun data wilayah terdampak sebagai berikut:

Jakarta Utara terdapat 8 RT yang terdiri dari:
Kel. Pluit
- Jumlah: 5 RT
- Ketinggian: 20 s.d 25 Cm
- Penyebab: ROB



Kel. Marunda
- Jumlah: 2 RT
- Ketinggian: 30 Cm
- Penyebab: ROB

Kel. Koja
- Jumlah: 1 RT
- Ketinggian: 20 Cm
- Penyebab: ROB

Sebelumnya, BPBD DKI mengimbau agar waspada potensi banjir rob di pesisir utara Jakarta mulai 6-13 Desember 2022 mendatang. Hal itu berdasarkan informasi BMKG Maritim Tanjung Priok tentang Peringatan Potensi Banjir Pesisir (ROB).

"Waspada banjir pesisir durasi 6-13 Desember 2022," tulis laman Instagram @bpbddkijakarta dikutip, Selasa 6 Desember 2022.

"Berdasarkan informasi BMKG Maritim Tanjung Priok tentang Peringatan Potensi Banjir Pesisir (ROB) tanggal 06 Desember s.d 13 Desember 2022, akibat adanya aktivitas pasang air laut bersamaan dengan fase bulan purnama mempengaruhi dinamika pesisir pantai yang berpotensi menyebabkan banjir pesisir atau rob," tambahnya.

BPBD DKI menyebut sejumlah wilayah di pesisir utara yang berpotensi terdampak banjir rob diantaranya Kamal Muara, Kapuk Muara, Penjaringan, Pluit, Ancol, Kamal, Marunda, Cilincing, dan Kalibaru.
(mhd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1714 seconds (0.1#10.140)