Profil KH Noer Ali, Pahlawan Nasional Bekasi yang Dijuluki Singa Karawang

Selasa, 06 Desember 2022 - 17:51 WIB
loading...
A A A
Tak sekadar bertempur, sebelumnya mereka dilatih dasar-dasar kemiliteran oleh TKR Bekasi dan Jatinegara. Selain itu, para anggota Laskar Rakyat ini juga dilatih secara mental dan rohani dengan cara berpuasa.

Pada 29 November 1945, pasukan Inggris melakukan agresi ke Bekasi. Noer Ali bersama pasukannya menghadang dan membuat mereka terpukul mundur. Tak berselang lama, pasukan Inggris kembali datang dengan lebih siap.

Baca juga : KH Noer Ali Singa Karawang-Bekasi yang Bertempur Melawan Pasukan Inggris

Saat itu, banyak pasukan KH Noer Ali yang berguguran. Peristiwa ini disebut dengan Pertempuran Sasak Kapuk karena terjadi di sekitar jembatan sasak kapuk, Pondok Ungu.

Pada 29 Januari 1992, KH Noer Ali yang mendapat julukan Singa Karawang-Bekasi wafat pada usia 78 tahun. Dia dimakamkan di Pondok Pesantren Attaqwa Puteri, Babelan, Kabupaten Bekasi.

Guna mengenang jasa-jasanya, pemerintah memberikannya gelar Pahlawan Nasional dan bintang Mahaputera Adipradana. Penganugerahan ini didasarkan pada Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 085/T/Tahun 2006.

Penyematan gelar tersebut dilakukan langsung oleh Presiden SBY kepada salah satu putranya di Istana Negara, Jakarta pada 9 November 2006.
(bim)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1539 seconds (0.1#10.140)