Profil KH Noer Ali, Pahlawan Nasional Bekasi yang Dijuluki Singa Karawang

Selasa, 06 Desember 2022 - 17:51 WIB
loading...
Profil KH Noer Ali, Pahlawan Nasional Bekasi yang Dijuluki Singa Karawang
Kyai Haji Noer Ali dikenal sebagai pahlawan nasional Bekasi. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Kyai Haji Noer Ali dikenal sebagai pahlawan nasional Bekasi. Semasa hidupnya, pria kelahiran 15 Juli 1914 ini menjadi salah satu pejuang kemerdekaan Indonesia, khususnya di daerah Karawang- Bekasi .

Lantas, siapakah sebenarnya KH Noer Ali ini?

Dalam kehidupannya, sosok KH Noer Ali merupakan ulama kharismatik asal Bekasi. Tak hanya masyarakat biasa, para pejabat di lingkup pemerintahan kota/kabupaten juga sangat menghormatinya.

Baca juga : KH Noer Ali Putra Bekasi yang Menjadi Pahlawan Nasional

Dalam biografi KH Noer Ali Pahlawan Nasional karya Ali Anwar, pahlawan asal Bekasi ini dilahirkan di Desa Ujungharapan Bahagia, Babelan, Bekasi. Kala itu, daerah tersebut masih bernama Desa Ujungmalang, Onderdistrik Babelan.

Noer Ali merupakan anak keempat dari sepuluh bersaudara. Adapun orang tuanya sendiri bernama Anwar bin Layu dan Maimunah binti Tarbin.

Pada masa kecilnya, Ali dikenal sebagai anak rajin dan berbakti kepada orang tua. Selain itu, dia juga sudah terlihat taat beragama. Di usia sekitar 8 tahun, bahkan sudah banyak menghafal surat-surat dalam Al Qur'an dan belajar bahasa Arab.

Kemudian, sekitar tahun 1934 dia merantau untuk meniti ilmu di Makkah, Arab Saudi. Disana, dia menjadi Ketua Persatuan Pelajar Betawi (PPB) Almanhajul Khoiri.

Pada tahun 1940, Noer Ali pulang ke kampung halamannya. Setelahnya, dia membangun sebuah pesantren bernama At-Taqwa dan menikah dengan Siti Rohmah binti Mughni.

Dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia, pahlawan nasional Bekasi ini pernah membentuk Laskar Rakyat yang terdiri dari 200 pemuda pada 1945. Adapun mereka adalah para santri dan pemuda di sekitar Babelan, Tarumajaya, Cilincing, hingga Muara Gembong.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1981 seconds (11.97#12.26)