Banjir Rob Rendam 4 RT di Jakarta Utara

Selasa, 06 Desember 2022 - 12:15 WIB
loading...
Banjir Rob Rendam 4 RT di Jakarta Utara
Banjir rob merendam empat rukun tetangga (RT) permukiman warga di Jakarta Utara, Selasa (6/12/2022). Foto: SINDOnews/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Banjir rob merendam empat rukun tetangga (RT) permukiman warga di Jakarta Utara, Selasa (6/12/2022). Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta sedang melakukan penanganan.

"Data pukul 11.00 WIB, BPBD mencatat saat ini terdapat 4 RT atau 0,013% dari 30.470 RT yang ada di wilayah DKI Jakarta," ujar Kepala Satuan Pelaksana Data Pusdatin BPBD DKI Michael Sitanggang dalam keterangannya.

Berikut permukiman warga yang terendam banjir rob di wilayah Jakarta Utara:
1. Kelurahan Pluit
- Jumlah: 2 RT
- Ketinggian: 20 Cm

2. Kelurahan Marunda
- Jumlah: 2 RT
- Ketinggian: 30-35 Cm



BPBD DKI Jakarta telah mengerahkan personel untuk memonitor kondisi genangan di setiap wilayah. Kemudian, mengkoordinasikan unsur Dinas SDA, Dinas Bina Marga, Dinas Gulkarmat untuk melakukan penyedotan genangan dan memastikan tali-tali air berfungsi dengan baik bersama dengan para lurah dan camat setempat.

"Genangan ditargetkan untuk surut dalam waktu cepat," tandasnya.



BPBD DKI mengimbau agar mewaspadai potensi banjir rob di pesisir Utara Jakarta mulai 6-13 Desember 2022. Hal itu berdasarkan informasi BMKG Maritim Tanjung Priok tentang Peringatan Potensi Banjir Pesisir (Rob).

"Berdasarkan informasi BMKG Maritim Tanjung Priok tentang Peringatan Potensi Banjir Pesisir (Rob) tanggal 6-13 Desember 2022, akibat adanya aktivitas pasang air laut bersamaan dengan fase Bulan Purnama mempengaruhi dinamika pesisir pantai yang berpotensi menyebabkan banjir pesisir atau rob," jelasnya.

Sejumlah wilayah di pesisir Utara yang berpotensi terdampak banjir rob diantaranya Kamal Muara, Kapuk Muara, Penjaringan, Pluit, Ancol, Kamal, Marunda, Cilincing, dan Kalibaru.
(thm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1701 seconds (0.1#10.140)