Buruh Ingin Upah Mereka Setara Gaji PNS

Jum'at, 06 Februari 2015 - 19:09 WIB
Buruh Ingin Upah Mereka Setara Gaji PNS
Buruh Ingin Upah Mereka Setara Gaji PNS
A A A
JAKARTA - Rencana gaji tinggi PNS DKI dengan perhitungan TKD Stastis dan Dinamis membuat iri buruh. Apalagi Gubernur DKI Jakarta Basuki T Purnama (Ahok) pernah mengatakan ideal gaji buruh itu Rp4 juta.

Presidium Forum Buruh DKI Jakarta, Muhammad Toha mengatakan, Ahok terkesan diskriminasi jika gaji PNS DKI cukup tinggi. Apalagi Ahok pernah mengatakan idealnya gaji buruh di Jakarta itu sekitar Rp4 juta perbulan.

"Kalau seperti ini kan, PNS di Jakarta seperti anak emas. Kami saja hanya digaji Rp 2.750.000. Padahal Ahok bilang idealnya gaji kami Rp 4 juta," ungkap Toha ketika dihubungi, Jumat (6/2/2015).

Menurutnya, dibandingkan negara tetangga seperti Filipina dengan ukuran etos kerjanya, gaji di Indonesia jauh lebih kecil. Melihat kualitas buruh di Indonesia lebih baik dibanding negara tersebut.

"Kami enggak mungkin membandingkan dengan negara Japan dan Korea, karena kita sadar diri, tapi kalo lihat dari Filipina, gaji buruh aja sudah sampai Rp 3,7 juta," ungkap Toha.

Karenanya menanggapi, Toha dan teman-teman serikatnya berencana akan komunikasikan dengan gubernur untuk kenaikan gaji. Dia pun, mengaku akan memperbaiki regulasi 60 item buruh ditahun 2015 yang dianggap tidak menguntungkan.

"Penetapan UMR 2016 kan dimulai Februari ini. Kami berencana akan komunikasikan dengan Pemprov, yah minimal kalo enggak dalam waktu dekat di tahun 2016 kenaikan gaji buruh persentasenya hampir serupa dengan PNS," jelas Toha.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5478 seconds (0.1#10.140)