Pj Gubernur Pastikan Pemprov DKI Penuhi Kebutuhan Dasar Disabilitas

Minggu, 04 Desember 2022 - 23:19 WIB
loading...
Pj Gubernur Pastikan Pemprov DKI Penuhi Kebutuhan Dasar Disabilitas
Pemprov DKI Jakarta memastikan komitmennya memberikan perhatian kepada kaum disabilitas. Hal ini dikatakan oleh Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono. Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta memastikan komitmennya memberikan perhatian yang lebih kepada kaum disabilitas. Hal ini dikatakan oleh Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono.

Menurut Heru, tidak hanya memberikan bantuan sesaat, namun Pemprov DKI membantu kaum disabilitas agar bisa mandiri, produktif, dan berkarya. Kata dia, Pemprov DKI akan membangun seluruh sarana prasarana yang ramah terhadap disabilitas.

"Percayalah masyarakat Jakarta, kami akan memberikan dan menambah sarana prasarana lebih banyak lagi yang ramah penyandang disabilitas," ujar Heru saat membuka kegiatan Jakarta Cinta Disabilitas di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Sabtu (3/12/2022).

"Kadis Nakertransgi dan Kadis Sosial mungkin bisa imbau semua perusahaan di Jakarta untuk bisa mengamanatkan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas," tambah Heru dalam kegiatan yang diprakarsai Baznas (Bazis) DKI ini yang menghadirkan Event Jakarta Cinta Disabilitas.

Heru pun mengapresiasi dilaksanakannya Jakarta Cinta Disabilitas yang juga menggelar bursa kerja khusus untuk disabilitas. Bursa kerja seperti ini merupakan yang pertama kali diadakan di Indonesia.

Sedikitnya terdapat 20 perusahaan, baik BUMD maupun swasta yang siap menyerap tenaga kerja disabilitas.

"Saya terima kasih kepada Baznas (Bazis) DKI, BUMD, Dinsos dan Dinas Nakertransgi yang sudah memberikan semangat dan peluang kepada penyandang disabilitas untuk bisa bekerja di perusahaan," tuturnya.

Perlu diketahui, selain bursa kerja, Jakarta Cinta Disabilitas juga memberikan pelayanan kepada disabilitas berupa pembuatan SIM D/D1, KTP dan pemeriksaan kesehatan. Semua pelayanan tersebut diberikan secara gratis untuk disabilitas.

Baznas (Bazis) DKI Jakarta juga memberikan apresiasi kepada Disabilitas Inspiratif, Pemerhati Disabilitas serta Perusahaan Ramah Disabilitas. Termasuk menyalurkan bantuan berupa lengan bionik dan lutut prostetik.

Ketua Baznas (Bazis) DKI Jakarta Akhmad Abubakar menyampaikan, tujuan kegiatan Jakarta Cinta Disabilitas meningkatkan awareness terhadap disabilitas di tengah masyarakat.

"Acara ini untuk mengapresiasi penyandang disabilitas di Jakarta yang terus mengalami kemajuan. Kurang lebih 900 disabilitas akan menghadiri event tersebut," tuturnya.
(maf)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3285 seconds (11.97#12.26)