Sebelum Dieksploitasi, Frans Imingi 305 Anak di Bawah Umur Jadi Foto Model

Kamis, 09 Juli 2020 - 21:25 WIB
loading...
Sebelum Dieksploitasi, Frans Imingi 305 Anak di Bawah Umur Jadi Foto Model
Polisi menampilkan pelaku eksploitasi 305 anak di bawah umur di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (9/7/2020). Foto: Ari Sandita Murti/SINDOnews
A A A
Warga negara asing (WNA) asal Prancis berinisial FAC alias Frans (65) mengeksploitasi 305 anak di bawah umur secara ekonomi dan seksual dengan mengimingi korbannya menjadi foto model dan uang.

Kapolda Metro Jaya, Irjen Nana Sudjana mengatakan, Frans mengeksploitasi 305 anak di bawah umur selama tiga periode, yakni di bulan Desember 2019 hingga Februari 2020 dilakukan di hotel O Jakarta Barat. Lalu, bulan Februari-April 2020 di hotel L Jakarta Barat, dan terakhir bulan April-Juni 2020 di hotel PP, Taman Sari, Jakarta Barat.

"Modusnya, tersangka membujuk anak-anak dan menawarkan untuk dijadikan poto model serta diimingi diberikan uang Rp250 ribu hingga Rp1 juta," ujarnya kepada wartawan, Kamis (9/7/2020). ( )

Menurutnya, Frans diketahui kerao berjalan-jalan sehingga saat dia melihat ada anak di bawah umur, khususnya saat mereka tengah berkerumun, dia pun mendekatinya dan membujuk rayu mereka. Saat ada anak-anak yang dia anggap mau, anak tersebut lantas diboyong ke sebuah hotel untuk dieksploitasi secara ekonomi dan seksual.

"Ada 305 anak di bawah umur yang menjadi korban, hal itu diketahui berdasarkan video yang ada di laptop tersangka. Jadi, tersangka ini memasang kamera tersembunyi untuk merekam perbuatannya itu," tuturnya.

Pelaku, kata dia, memfoto anak di bawah umur dalam kondisi telanjang dan menyetubuhinya pasca pemotretan selesai dilakukan di sebuah hotel itu. Bila sudah, pelaku juga memamfaatkan korban untuk membawa rekannya ke hotel itu agar dieksploitasi pula.

"Korbannya anak jalanan, ada juga dia dapatkan dari mall saat ada anak yang sedang berkerumun atau tempat lainnya karena pelaku kerap berjalan-jalan. Lalu dia dandani, di mek up, di foto dan setubuhi, usianya sekitar 10, 13 hingga 17 tahun," katanya.
(mhd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2174 seconds (0.1#10.140)