Kriminolog Sebut Jakarta Memang Tidak Aman

Jum'at, 30 Januari 2015 - 22:10 WIB
Kriminolog Sebut Jakarta Memang Tidak Aman
Kriminolog Sebut Jakarta Memang Tidak Aman
A A A
JAKARTA - Kriminolog dari Universitas Indonesia (UI) Yogo Tri Hendriarto menilai, banyak faktor yang membuat Jakarta tidak aman.

Salah satunya adalah faktor psikologis. Beberapa orang merasa takut karena bisa jadi dia banyak melihat tayangan kriminal sehingga rasa takutnya tinggi. (Baca juga: Jakarta tidak Aman, Ini Kata Wagub DKI)

"Kalau dibilang tidak nyaman tentu ada faktornya. Salah satunya dipengaruhi psikologis seseorang. Tidak nyaman itu harus dilihat dari semua aspek mulai dari lingkungan, transportasi dan keamanan," kata Yogo, Jumat (30/1/2015)

Diakui dia, Jakarta memang tidak aman untuk beraktifitas selama 24 jam. Karena memang tidak ada sistem pengamanan yang mendukung. Kemudian kurangnya penerangan umum dan tidak ada petugas yang berjaga 24 jam.

Mengenai hasil survey yang dirilis Economist Intelligence Unit (EIU) dengan menyebutkan Jakarta sebagai kota paling tidak aman, Yogo mempertanyakan metode yang digunakan dalam survey itu. Apakah populasi yang menjadi sampelnya mewakili masyarakat Jakarta atau tidak.

Kemudian analisis apa yang digunakan sehingga muncul hasil seperti itu. "Masih harus dikaji lagi mengenai metode dan polulasi sampelnya," pungkasnya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4926 seconds (0.1#10.140)