Pertamina International Shipping Gandeng NYK, Siap Kuasai Pasar LNG Internasional

Jum'at, 02 Desember 2022 - 10:53 WIB
loading...
Pertamina International Shipping Gandeng NYK, Siap Kuasai Pasar LNG Internasional
CEO NYK Hitoshi Nagasawa (tiga kiri) dan CEO PIS Yoki Firnandi (dua kanan) memperlihatkan naskah perjanjian kerja sama. Turut menyaksikan penandatanganan kerja sama Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati (kanan).
A A A
JAKARTA - PT Pertamina International Shipping (PIS) resmi menandatangani kerja sama dengan Nippon Yusen Kaisha (NYK) mencakup investasi dan kolaborasi bisnis strategis yang siap menguasai pasar LNG internasional.

Dalam keterangan tertulisnya, Jumat (2/12/2022), penandatanganan ini merupakan momen unlock value atau peningkatan nilai aset PIS sebagai Sub Holding Integrated Marine Logistics dari PT Pertamina (Persero). Adapun perjanjian yang ditandatangani adalah Shareholders Agreement, Share Subscription Agreement, dan Strategic Alliance Agreement.

Perjanjian kerja sama ditandatangani langsung oleh Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati, CEO NYK Hitoshi Nagasawa, CEO PIS Yoki Firnandi, dan CEO Pertamina Pedeve Indonesia. Hadir pula di acara penandatanganan ini Direktur Strategi, Portofolio, dan Pengembangan Usaha PT Pertamina (Persero) A. Salyadi Saputra. Turut juga menyaksikan momen ini yakni Asisten Deputi Bidang Industri Energi, Minyak, dan Gas Kementerian BUMN Abdi Mustakim.

(Baca juga:IPO Diyakini Perkuat Posisi Pertamina Internasional Shipping)

Kerja sama strategis dengan mitra kaliber internasional sekelas NYK, diharapkan tidak hanya membawa dampak kenaikan keuntungan finansial dan bisnis, tetapi juga peningkatan kapabilitas awak armada PIS agar semakin gencar berkompetisi di kancah global.

Asisten Deputi Bidang Industri Energi, Minyak, dan Gas Kementerian BUMN Abdi Mustakim meyakini kerja sama ini bisa meningkatkan nilai dan mendapatkan imbal balik yang menguntungkan kedua perusahaan. “PIS dan NYK bisa mendapatkan manfaat terbaik dari kolaborasi yang terjalin, untuk tumbuh bersama baik dari sisi kinerja, sumber daya, dan aspek bisnis lainnya,” kata Abdi.

Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati mengapresiasi dan turut bergembira atas terealisasinya kerja sama yang telah menempuh negosiasi yang cukup panjang perjalanannya.

“Saya turut senang dengan terpilihnya NYK sebagai mitra strategis. Dari beberapa calon investor yang telah diundang, dan akhirnya NYK terpilih tentunya karena reputasi, pengalaman, serta keahlian yang dimiliki perusahaan di bidang yang selaras dengan PIS,” ujar Nicke.

(Baca juga:Pertamina Dukung Transformasi Pertamina International Shipping Menjadi Subholding Integrated Marine Logistics)

Nicke berharap kerja sama ini bisa memacu PIS mengembangkan bisnis baru seperti angkutan LNG, dan bisa memperluas ekspansi pasar internasional dan meningkatkan kapabilitas PIS.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3087 seconds (0.1#10.140)