alexa snippet

Percantik Waduk Ria Rio, DKI Umbar Anggaran

Percantik Waduk Ria Rio, DKI Umbar Anggaran
Dinas Pertamanan dan Pemakaman DKI Jakarta menganggarkan Rp750 juta untuk pepohonan. (Ilustrasi/Sindophoto)
A+ A-
JAKARTA - Dinas Pertamanan dan Pemakaman DKI Jakarta menganggarkan Rp750 juta untuk pepohonan. Pohon dengan jenis exotic itu akan ditanam di Waduk Ria Rio, Pulogadung, Jakarta Timur.

"Pohonnya termasuk tipe exotic, luar biasa, besar, tinggi, antik, indah, dan beda dari tanaman atau pohon lainnya," kata Kepala Dinas Pemakaman dan Pertamanan Provinsi DKI Jakarta Nandar Sunandar di Balai Kota DKI Jakarta, Jakarta Pusat, Rabu 28 Januari 2015.

Meskid demikian, kata dia, dirinya tidak mengetahui pasti berapa jumlah pohon yang akan dibelinya itu. Karena, pembelian itu masuk pada paket anggaran pembangunan Ruang Terbuka Hijau (RTH) di kawasan Waduk Ria Rio sebesar Rp50 miliar.

"Selain pembelian pohon, anggarannya termasuk kepada land clearing (pembebasan lahan), pembangunan taman, dan kegiatan lainnya di Waduk Ria Rio," tuturnya.

Nandar mengatakan, pengadaan ini sudah penganggaran elektronik atau e-budgeting milik Pemprov DKI. Di dalam APBD DKI 2015, Diskamtam DKI sendiri mendapatkan anggaran sebesar Rp1,303 triliun.

Sementara itu, Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama tidak mempermasalahkan anggaran sebesar Rp750 juta untuk pembelian pohon guna mempercantik RTH. Asalkan, pohon itu memiliki daya tarik tersendiri.

"Selama memang benar kita kasih. Jangan tiba-tiba pohon pakis ya enggak bener lu. Kalau pohon yang betul-betul mahal enggak apa-apa," katanya.

Selain itu, kata dia, dirinya juga tidak mempermasalahkan uang sebsar itu untuk keindangan kota. Asalkan, anggaran itu tidak di mark-up. "Selama benar, boleh. Pokoknya selama tidak mark up boleh. Kalau mark up kita potong," tandansya.



(mhd)
loading gif
Top