Cegah Pelecehan, Transjakarta Tambah 10 Bus Pink Khusus Wanita

Kamis, 01 Desember 2022 - 07:19 WIB
loading...
Cegah Pelecehan, Transjakarta Tambah 10 Bus Pink Khusus Wanita
Transjakarta menambah bus pink khusus pelanggan wanita sebanyak 10 unit. Hal itu sebagai upaya pencegahan risiko aksi pelecehan seksual. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - PT Transportasi Jakarta ( Transjakarta ) memperbanyak bus pink yang diperuntukan bagi pelanggan wanita sebanyak 10 unit. Hal itu sebagai upaya pencegahan risiko aksi pelecehan seksual didalam bus.

”Penyediaan bus pink diharapkan dapat mengurangi resiko pelecehan seksual. Ini merupakan tambahan dari 10 bus pink yang telah beroperasi sebelumnya,” kata Kepala Divisi Sekretaris Perusahaan Transjakarta Anang Rizkani Noor, Kamis (1/12/2022).

Anang menambahkan bus pink tersebut efektif melayani masyarakat mulai awal pekan ini. Kemudian penambahan juga dilakukan secara bertahap. ”Penambahan unit-unit lainnya secara bertahap,” ucapnya.

Selain penyediaan bus pink, Anang menyebut usaha lain untuk mencegah pelecehan seksual di fasilitas Transjakarta adalah dipasangnya kamera di halte dan Bus, ditempatkannya petugas di bus dan halte, tersedianya pelaporan 24 jam dan dibentuknya tim penanganan yang bergerak cepat.

”Bus pink kali ini hadir dengan desain terbaru yang mengedepankan kenyamanan bermobilitas untuk seluruh pelanggan wanita dari berbagai kalangan. Bus pink melayani masyarakat setiap hari mulai pukul 05.00-21.00 WIB dengan tarif regular Rp3.500,” ujarnya.

Sebagai informasi, bus pink sendiri pertama kali diluncurkan bertepatan dengan hari Kartini pada 21 April 2016 lalu. Bus pink beroperasi di Koridor 6 (Ragunan - Dukuh Atas), Koridor 9 (Pinang Ranti - Pluit)dan Rute Puribeta - Dukuh Atas (13C).
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2512 seconds (0.1#10.140)