3 Minggu Tanpa Guru, Siswa SDN Pondok Cina 1 Telantar

Senin, 28 November 2022 - 15:06 WIB
loading...
3 Minggu Tanpa Guru, Siswa SDN Pondok Cina 1 Telantar
Nasib siswa SDN Pondok Cina 1, Depok telantar. Mereka sudah 3 minggu belajar tanpa guru. Foto: Dok SINDOnews
A A A
DEPOK - Nasib siswa SDN Pondok Cina 1, Depok telantar. Mereka sudah 3 minggu belajar tanpa guru . Hak anak untuk belajar menjadi tidak terpenuhi.

Di SDN Pondok Cina 1, siswa yang datang hanya diajar oleh relawan dan orang tua murid. Selebihnya, mereka hanya bermain di lapangan.

Ketua Baitul Muslimin Indonesia Kota Depok Afifah Alia mendesak permasalahan ini segera diselesaikan Pemkot Depok. Tidak belajarnya siswa hingga 3 minggu ini sama saja menelantarkan hak anak didik.
Baca juga: Tolak Direlokasi, Siswa SDN Pondok Cina 1 Tetap ke Sekolah

“Mereka menjadi tidak bisa belajar dengan baik. Di sini kita lihat mereka hanya belajar dengan bimbingan relawan saja,” ujarnya, Senin (28/11/2022).

Menurut dia, relokasi harus segera dilakukan jika memang lahan tersebut akan dibangun masjid. Dari hasil dengar pendapat dengan wali murid dan berbagai pihak, mereka tidak menolak rencana pembangunan masjid. Hanya, pemerintah diminta menyediakan dulu lokasi sekolah baru agar siswa dapat belajar dengan layak.

“Kita setuju mau dibangun apa pun. Tapi, intinya bangun dulu SD-nya. Setelah dibangun barulah tanahnya digunakan. Kalau memang mau dimerger buat dulu studi kelayakan. Cukup nggak lahannnya di sana. Karena saya dengar murid di sini lebih banyak dari murid di SDN Pondok Cina 3 dan 5,” ujar Afifah.

Politikus PDIP itu juga berdialog dengan wali murid SDN Pondok Cina 1. Dia mendengarkan keluhan dari orang tua tentang kurang layaknya sekolah yang dijadikan tumpangan belajar siswa.

“Di sana sudah pagi siang sekolah ditambah kelas sampai ke depan. Musala dipakai untuk belajar. Ini sangat memaksakan dan dilakukan tanpa studi kelayakan. Harusnya dibuat dulu studi kelayakannya,” ucapnya.

Dia menambahkan pendidikan murid SDN Pondok Cina 1 harus diperhatikan. Terlebih ada murid yang akan menjalani ujian sekolah tahun depan. “Saya minta Wali Kota Depok agar berempati kepada murid SDN Pondok Cina 1,” katanya.
(jon)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2927 seconds (11.210#12.26)