Podcast Aksi Nyata: Pemuda Perindo DKI Ungkap Keuntungan dan Tantangan Kampanye Digital

Minggu, 27 November 2022 - 22:29 WIB
loading...
Podcast Aksi Nyata: Pemuda Perindo DKI Ungkap Keuntungan dan Tantangan Kampanye Digital
Wakil Ketua Bidang Media dan Komunikasi Massa DPW Pemuda Perindo DKI Jakarta Ricky Irawan saat tampil dalam Podcast Aksi Nyata. Foto/Tangkapan layar
A A A
JAKARTA - Peran konten digital dan media sosial (medsos) sangat penting dalam berbagai segi kehidupan di era digitalisasi, termasuk untuk kepentingan kampanye politik. Hal ini juga yang disadari oleh Pemuda Perindo DKI Jakarta.

Wakil Ketua Bidang Media dan Komunikasi Massa DPW Pemuda Perindo DKI Jakarta Ricky Irawan melihat bahwa kampanye digital sangat berpengaruh. Apalagi, mayoritas penduduk Indonesia berusia 25-34 tahun, yang sangat melek digital dan fasih menggunakan medsos.

"Apalagi generasi milenial sekarang sangat fasih kan dan di dunia kampanye yang namanya digital itu enggak bisa dipisahkan. Apalagi untuk menggiring opini di situ, yang enggak bener bisa jadi bener, yang bener bisa jadi enggak bener," papar Ricky dalam Podcast Aksi Nyata bertema “Kampanye Konvensional vs Kampanye Digital”, Minggu (27/11/2022).

Ricky mengatakan, kita juga harus pandai dalam mengedukasi masyarakat, agar mereka tahu mana yang hoaks dan mana yang bukan. Menurutnya, mengedukasi masyarakat juga menjadi pekerjaan rumah tersendiri, khususnya mengecek pemberitaan di media.



"Itu PR-nya, jadi kampanye digital itu harus bisa validasi mana yang hoaks yang tidak, khususnya media-media besar untuk memvalidasi, karena enggak mungkin media besar kasih berita yang hoaks. Jadi harus pandai-pandai masyarakat," katanya.

Menurut Ricky, media digital sangat mempengaruhi masyarakat, karena nyatanya lebih mudah untuk mempengaruhi masyarakat saat seorang konten kreator mengampanyekan tokoh lainnya. "Jadi lebih gampang kalau kita sebagai kreator yang mengampanyekan sosok yang pingin dikampanyekan, orang akan lebih percaya, trust apple-nya akan lebih kebentuk. Dan reputasinya juga gampang kebentuk, jadi sekarang zamannya orang mengampanyekan orang," jelas programmer profesional ini.
(zik)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1845 seconds (11.252#12.26)