Pemprov DKI dan Kementerian BUMN Kolaborasi Kembangkan M Bloc Space sebagai Ruang Ekonomi Kreatif

Jum'at, 25 November 2022 - 21:57 WIB
loading...
Pemprov DKI dan Kementerian BUMN Kolaborasi Kembangkan M Bloc Space sebagai Ruang Ekonomi Kreatif
Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono saat melakukan diskusi dengan Wakil Menteri II BUMN Kartika Wirjoatmodjo bersama jajaran BUMN PT Peruri, dan PT Peruri Properti, Jumat (25/11/2022). Foto: MPI/Refi Sandi
A A A
JAKARTA - Pemprov DKI Jakarta dan Kementerian BUMN akan berkolaborasi mengembangkan M Bloc Space , Blok M, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, sebagai wadah ekonomi kreatif. Program ini melibatkan kolaborasi para pelaku ekonomi kreatif dan Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM).

Hal itu menjadi pembahasan Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono saat melakukan diskusi dengan Wakil Menteri II BUMN Kartika Wirjoatmodjo bersama jajaran BUMN PT Peruri, dan PT Peruri Properti, Jumat (25/11/2022).

Turut hadir dalam diskusi itu Asisten Pembangunan dan Lingkungan Hidup Afan Adriansyah, serta Kepala Dinas Kebudayaan (Kadisbud) DKI Iwan Henry Wardhana.

Baca juga: Sandiaga Uno Ungkap Ekonomi Kreatif Sumbang Rp1.300 Triliun ke Negara

"Saya mengapresiasi pengembangan kawasan ini sebagai ruang interaksi publik. Pemprov DKI Jakarta support ini, dan ketika ini menjadi suatu area pertemuan anak-anak (generasi) muda, maka artinya Pemprov mendukung pengembangan kreativitas dan UMKM," ujar Heru kepada wartawan usai melakukan diskusi.

M Bloc Space sebagai ruang publik dibangun dengan konsep kolaborasi produk-produk kreatif lokal yang bergerak di bidang musik, fesyen, kuliner, serta bentuk kegiatan kreatif lainnya.

Heru mengapresiasi PT Peruri Properti (Pepro), anak usahaPT Peruri selaku pengembang kawasan M Bloc Space dan ruang kreatif lainnya, yang berupaya membangkitkan dan mengembangkan para pelaku ekonomi kreatif dan UMKM.

Sementara itu, Wakil Menteri II BUMN Kartika Wirjoatmodjo mengatakan, Kementerian BUMN bersama Pemprov DKI Jakarta akan terus melakukan kerja sama terkait pengembangan kawasan M Bloc Space maupun kawasan Blok M.

Ke depan BUMN bersama Pemprov DKI juga akan melakukan pengembangan integrasi kawasan dan transportasi.

"Kita di BUMN punya banyak aset. Di DKI Jakarta ini tentunya kami mendukung program Pak (Pj) Gubernur. Ada 3 kawasan, yang pertama Sarinah yang sudah kita develop. Kemudian ada kawasan di Pasar Baru, Pos Bloc, nanti juga akan diresmikan. Itu satu kawasan akan terintegrasi dengan Lapangan Banteng," ucapnya.

Kartika menyebutkan, PT Peruri akan mengembangkan kawasan Blok M sebagai kawasan yang otentik sesuai dengan anak-anak muda Jakarta.

Diharapkan dengan hadirnya integrasi kawasan dan transportasi ini masyarakat Jakarta semakin merasakan manfaat dari berbagai sarana umum dan transportasi yang dikembangkan bersama.

"Nanti bersama Pak Gubernur juga banyak renovasi untuk integrasi transportasi. Antara Transjakarta, MRT diintegrasikan dengan LRT yang beroperasi di bulan Juni/Juli tahun depan," ucapnya.

Sementara Direktur Utama PT Peruri Dwina Septiani Wijaya berharap pengembangan dan optimalisasi kawasan M Bloc Space akan diselaraskan dengan rencana tata kota Pemprov DKI Jakarta. Pihaknya akan menghadirkan ruang interaksi publik yang hijau dan mendukung pengembangan kreativitas para seniman, pelaku ekonomi kreatif, dan UMKM.

"Jadi kalau sebelumnya ini 6.000 meter, kita punya kawasan 5,4 hektare, itu besar sekali. Ini yang kemudian kita selaraskan juga dengan rencana tata kota," ucapnya.
(thm)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1875 seconds (11.210#12.26)