Kerap Diterjang Banjir Rob, Warga Muara Angke Ogah Mengungsi

Jum'at, 25 November 2022 - 16:41 WIB
loading...
Kerap Diterjang Banjir Rob, Warga Muara Angke Ogah Mengungsi
Kerap dilanda banjir rob, warga Muara Angke Jakarta Utara menolak untuk mengungsi. Foto/SINDOnews/Yohannes Tobing
A A A
JAKARTA - Kehadiran air pasang laut atau banjir rob yang menerjang permukiman warga di kawasan Muara Angke, Pluit, Penjaringan, Jakarta Utara bukan hal yang pertama terjadi. Sebab, banjir rob kerap menjadi langganan di wilayah pesisir Jakarta.

Banjir rob kerap menerjang permukiman warga saat fenomena gerhana bulan total dalam setiap tahunnya. Meskipun sering di terjang banjir rob, hampir seluruh warga yang bermukim di wilayah tersebut enggan melakukan evakuasi atau mengungsi ketempat lebih aman.

Hal itu diungkapkan Kartini (46), warga Blok Eceng, Jalan Pelabuhan Muara Angke RW 12 RW 22, Kelurahan Pluit, Kecamatan Penjaringan ini mengaku lebih baik bertahan dengan situasi ini.

”Kalau saya sih bertahan di rumah aja. Kan ada yang tinggi (lantai 2) tapi ada juga yang engga masuk kerumah gitu. Yang kaya banjir gede gitu. Ini kan cuman harian biasa,” ungkap Kartini, Jumat (25/11/2022). Baca juga: Banjir Rob Kembali Merendam 11 RT di Muara Angke

Menurut Kartini, karena warga sudah terbiasa diterjang banjir laut ini. Warga lebih memilih melakukan evakuasi barang yang penting daripada harus mengungsi. ”Iya paling naikin kasur di ke atasin biar aman,” tuturnya.



Hal serupa juga diungkapkan Marnijah (39), dia bersama keluarga lebih memilih bertahan di rumah karena mengaku tempat tinggalnya juga merupakan tempat untuk mencari penghasilan.

”Memang tinggal di sini dan cari uang juga disini, mau pindah ke mana lagi. Paling kita lebih baik bertahan saja sambil menunggu banjir surut dalam sehari paling,” katanya. Baca juga: Banjir Rob 70 Cm Terjang Muara Angke, Aktivitas Warga Lumpuh

Sebelumnya kenaikan permukaan air pasang laut atau banjir rob menerjang permukiman warga di kawasan Blok Empang dan Blok Eceng, Muara Angke, Kelurahan Pluit, Penjaringan, Jakarta Utara.Banjir rob menerjang wilayah itu dengan ketinggian 70 cm.
(ams)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1156 seconds (10.177#12.26)