alexametrics

Sejarawan: Nama Bogor Terkait dengan Buitenzorg

loading...
Sejarawan: Nama Bogor Terkait dengan Buitenzorg
Kendati ada empat pendapat mengenai asal-usul nama Bogor, Sejarawan Alwi Shahab menilai Buitenzorg yang paling mendekati. (Istimewa)
A+ A-
JAKARTA - Kendati ada empat pendapat mengenai asal-usul nama Bogor, Sejarawan Alwi Shahab menilai Buitenzorg yang paling mendekati.

Buitenzorg sendiri merupakan bahasa Belanda yang berarti kota yang damai. Hal itu ditandai dengan dibangunnya tempat peristirahatan, yakni Istana Bogor.

Alwi Shahab mengatakan, kata Bogor itu sejatinya berasal dari kata Buitenzorg. Sebab, kota Bogor itu tercipta pada masa penjajahan Belanda.

"Pada masa Penjajahan Belanda itu, kota tersebut dinamakan sebagai Buitenzorg," katanya ketika dihubungi Sindonews, Jumat (16/1/2015).



Memang terjadi perubahan pada masa ini. Namun, perubahan itu tidak terlepas dengan pelafalan orang pribumi yang lebih mudah mengucapkan kota tersebut dengan sebutan Bogor ketimbang Buitenzorg. (Baca juga: Ini 4 Pendapat Asal Muasal Penamaan Bogor)

"Kesulitan pengucapan orang pribumi pada masa itu, membuat kota itu disebut Bogor. Sama halnya dengan Batavia, penduduk lebih mudah mengucapkannya dengan sebutan Betawi," sambungnya.

Dia menyatakan, pada masa pemerintahan Gubernur Jenderal Baron van Imhoff (1740), kota tersebut dijadikan sebagai tempat peristirahatan. Maka itu, di bangunlah Istana Bogor.

"Pembangunan tempat peristirahatan, seperti Istana. Memperkuat asal usul nama Bogor diambil dari kata Buitenzorg. Sebab, Buitenzorg memiliki arti "tempat yang damai yang jauh dari segala hiruk pikuk". Sama dengan arti peristirahatan itu sendiri," ujarnya.

Namun, kata Alwi, dirinya mengakui, asal usul nama kota Bogor sendiri perlu dilakukan pengkajian. Sebab, terdapat berbagai macam pengertian asal nama Bogor itu.

"Memang perlu pengkajian mendalam dan serius untuk menguak misteri kata Bogor itu tercipta. Padahal, jelas-jelas dulu itu namanya Buitenzorg," tutupnya.
(ysw)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak