Deretan Kapolda Metro Jaya Bergelar Doktor, Nomor 1 Lulusan UI

Senin, 21 November 2022 - 11:33 WIB
loading...
Deretan Kapolda Metro Jaya Bergelar Doktor, Nomor 1 Lulusan UI
Sepanjang berdirinya Polda Metro Jaya, sudah ada 39 perwira tinggi menjabat sebagai Kapolda Metro Jaya. Beberapa di antaranya memiliki gelar Doktor.Foto/Ilustrasi.dok/MPI
A A A
JAKARTA - Polda Metro Jaya adalah pelaksana tugas Kepolisian Negara Republik Indonesia di Daerah Khusus Ibukota Jakarta. Tak hanya Jakarta, Polda Metro Jaya juga membawahi daerah-daerah penyangganya, antara lain Kota Depok, Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang, Kota Tangerang Selatan, Kabupaten Bekasi, dan Kota Bekasi.

Polda Metro Jaya dipimpin oleh seorang kepala kepolisian daerah yang berpangkat bintang dua (Inspektur Jenderal Polisi). Selain itu, Polda Metro Jaya merupakan satu-satunya polda di Indonesia yang memiliki status A+ (A khusus).

Status A+ ini dikarenakan kedudukannya menjaga keamanan dan ketertiban Ibu Kota Negara Republik Indonesia (Jakarta). Baca: Profil Jenderal Dibyo Widodo, Mantan Kapolri yang Mekarkan Kepolisian Daerah hingga 27 Polda

Sepanjang berdirinya Polda Metro Jaya, sudah ada 39 perwira tinggi terpilih yang menjabat sebagai Kapolda Metro Jaya. Seorang perwira tinggi kepolisian tentu telah mengikuti banyak proses pelatihan kepolisian atau mengikuti akademi pendidikan kepolisian.

Banyak diantara Kapolda Metro Jaya yang memiliki gelar Doktor. Lantas, siapa sajakah Kapolda Metro Jaya yang bergelar Doktor? Berikut kami rangkum beberapa nama-nama dari Kapolda Metro Jakarta yang bergelar Doktor.

1. Irjen Pol Mohammad Fadil Imran

Irjen. Pol. Dr. Drs. H. Mohammad Fadil Imran, M.Si adalah seorang perwira tinggi Polri yang sejak 16 November 2020 menjabat sebagai Kapolda Metro Jaya.
Deretan Kapolda Metro Jaya Bergelar Doktor, Nomor 1 Lulusan UI

Foto/SINDOnews

Fadil merupakan salah satu alumni Akademi Kepolisian (Akpol) 1991. Sejumlah jabatan pernah diembannya mulai dari Kapolsek Tanah Abang, Direskrimsus Polda Metro Jaya, hingga Kapolda Jawa Timur. Fadil meraih gelar Doktor Kriminologi dari Universitas Indonesia (UI) di tengah kesibukan sebagai perwira kepolisian.

2. Jenderal Polisi Dibyo Widodo

Jenderal Polisi (Purn) Dr. Drs. Dibyo Widodo adalah perwira tinggi Kepolisian Negara Republik Indonesia yang menjabat sebagai Kapolri antara 1996 dan 1998.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3029 seconds (10.55#12.26)