Profil Komjen Ari Dono Sukmanto, Mantan Wakapolri yang Miliki 5 Brevet

Minggu, 20 November 2022 - 19:57 WIB
loading...
Profil Komjen Ari Dono Sukmanto, Mantan Wakapolri yang Miliki 5 Brevet
Mantan Wakapolri Komjen Pol (Purn) Ari Dono Sukmanto. Foto: Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Komjen Pol (Purn) Ari Dono Sukmanto memiliki 5 brevet. Mantan Wakapolri itu mengantongi Brevet Para Terjun Polri , Selam Polri, hingga Scuba Diver.

Jenderal polisi bintang 3 ini pernah menjabat Pelaksana tugas (Plt) Kapolri mulai 23 Oktober-1 November 2019 untuk mengisi posisi Kapolri yang kosong ditinggal Jenderal Pol Tito Karnavian hingga Kapolri baru ditetapkan.
Baca juga: Profil Gatot Eddy Pramono, Wakapolri yang Bongkar Kasus Penipuan Kartu Kredit Rp81 Miliar

Ari Dono memulai karier di kepolisian setelah lulus dari Akpol tahun 1985. Dia pernah menjabat Direskrim Polda Yogyakarta dan Wakapolda Sulawesi Tengah.

Kariernya terus melambung. Dia kemudian menjabat Kabareskrim di tahun 2016. Dua tahun kemudian, dia ditunjuk sebagai Wakapolri tepatnya pada Agustus 2018.

Sepanjang kariernya di institusi Polri, Ari Dono menerima beberapa penghargaan dan brevet. Berikut deretan brevet yang dimiliki Ari Dono:

1. Brevet Para Terjun Polri
Bevet para terjun diberikan kepada polisi yang telah mengikuti dan merampungkan pelatihan terjun payung Polri.

2. Brevet Selam Polri
Brevet Selam diberikan pada personel Brimob atau fungsi Polri lain dan TNI yang telah selesai mengikuti pelatihan kemampuan selam sesuai standar kompetensi yang ditetapkan dan diselenggarakan Korbrimob Polri.

3. Brevet Bhayangkara Bahari
Brevet Bhayangkara Bahari adalah kehormatan sebagai tanda jasa terhadap kelautan.

4. Brevet Penyidik
Untuk mendapatkan brevet ini, anggota Polri harus menyelesaikan pelatihan sebagai penyidik.

5. Brevet Scuba Diver
Brevet Scuba Diver merupakan kualifikasi menyelam prajurit bagi negara maritim. Dengan kualifikasi menggunakan alat pernapasan bebas untuk berada di bawah air dalam kurun waktu yang lama.

Sebelum mendapat brevet ini, seorang TNI atau Polri melakukan kursus Scuba Diver dengan tujuan agar memahami berbagai alat yang digunakan untuk selam scuba dan mampu melakukan penyelaman secara baik.
(jon)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1337 seconds (11.97#12.26)