Drone Masih Pantau Masyarakat yang Buang Sampah Sembarangan di Jakarta

Minggu, 20 November 2022 - 12:53 WIB
loading...
Drone Masih Pantau Masyarakat yang Buang Sampah Sembarangan di Jakarta
Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono menegaskan drone pemantau sampah masih terus mengudara di Ibu Kota. Foto: MPI/Bachtiar Rojab
A A A
JAKARTA - Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono menegaskan drone pemantau sampah masih terus mengudara di Ibu Kota. Drone berada di beberapa titik yang kerap berpindah.

"Masih berlangsung, mungkin di titik tertentu berpindah-pindah. Kalau ada keramaian tertentu, misalnya di GBK, itu juga kita edukasi," ujar Heru di kawasan Bundaran Hotel Indonesia (HI), Jakarta Pusat, Minggu (20/11/2022).

Menurut Heru, adanya drone tersebut diharapkan memberi efek jera kepada masyarakat yang membuang sampah sembarangan. Pasalnya, masih banyak masyarakat yang membuang sampah sembarangan di tempat umum.

Baca juga: Pemprov DKI Bakal Kerahkan Drone untuk OTT Pembuang Sampah di Bantaran Kali

"Contohnya, kegiatan keramaian ini kan kalau kita lihat membuang sampah sembarangan. Sederhana saja kok, drone yang kita punya, kita lihat, lantas diberikan edukasi, kira-kira gitu," jelas Heru.

Heru sudah mengarahkan jajaran Pemprov DKI agar menerbangkandroneguna memantau pembuang sampah sembarangan. Arahan itu disampaikan Heru pada awal menjabat sebagai Pj Gubernur DKI. Dia memintadroneditempatkan di sejumlah ruang publik.

Baca juga: Keren! Drone Tangkap Tangan 15 Pembuang Sampah Sembarangan saat CFD

Heru menyampaikan, Pemprov DKI dapat menerapkan sanksi sosial berupa mem-posting video yang direkam dengan drone. Selain memberikan efek jera, ia meyakini cara ini bisa menjadi pembelajaran bagi masyarakat.

"Ambil pakaidronesiapa yang buang sampah sembarangan. Kemudian bisa diimbau di YouTube kita, untuk tidak membuang sampah sembarangan, karena ini contoh tidak baik," ucapnya.
(thm)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3628 seconds (11.210#12.26)