Jelang MEA, Indonesia Akan Jadi Lumbung Mainan Berbahaya

Senin, 05 Januari 2015 - 12:50 WIB
Jelang MEA, Indonesia Akan Jadi Lumbung Mainan Berbahaya
Jelang MEA, Indonesia Akan Jadi Lumbung Mainan Berbahaya
A A A
JAKARTA - Jelang Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) 2015, Indonesia, khususnya Jakarta dapat menjadi lumbung mainan yang berbahaya bagi anak. Maka itu, pemerintah diminta melakukan pengecekan maianan, baik dari luar maupun dalam negeri.

Komisioner Bidang Pendidikan KPAI Susanto mengatakan, Indonesia berpotensi menjadi pasar mainan anak yang berbahaya, apabila tidak segera diantisipasi saat MEA 2015 berlaku.

"Indonesia berpotensi menjadi pasar mainan yang murah tetapi berbahaya bagi anak. Terlebih, saat MEA. Pasar bebas berpeluang menciptakan hal itu. Baik dari luar negeri maupun dalam negeri," tuturnya melalui pesan tertulis kepada wartawan, Senin (5/1/2015).

Maka itu, kata Susanto, pemerintah Indonesia harus lebih gencar melakukan pengecekan pada mainan anak. Baik itu mainan impor, maupun mainan ekspor.

"Anak itu harus pasti terlindungi dari alat, dan media permainan berbahaya. Seperti mainan anak yang bau, catnya mudah terkelupas, dan mengandung zat yang membahayakan kesehatan," katanya.

Selain itu, kata dia, semua pihak, termasuk keluarga perlu mewaspadai dan memastikan mainan anak yang beredar sehat dan tidak membahayakan.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4878 seconds (0.1#10.140)