3 Tempat Prostitusi di Jakarta yang Sudah Ditutup, 2 di Antaranya Disulap Jadi Bangunan Bermanfaat

Kamis, 17 November 2022 - 19:59 WIB
loading...
3 Tempat Prostitusi di Jakarta yang Sudah Ditutup, 2 di Antaranya Disulap Jadi Bangunan Bermanfaat
Terdapat sejumlah tempat prostitusi legendaris di Jakarta yang sudah ditutup. Salah satunya Macao Po. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Terdapat sejumlah tempat prostitusi legendaris di Jakarta yang sudah ditutup. Praktik prostitusi di Indonesia sejatinya sudah berlangsung sejak zaman pendudukan Belanda . Adapun tempat-tempat ini tersebar di berbagai kota termasuk Jakarta.

Seiring waktu, tempat-tempat prostitusi di Jakarta sempat mengalami puncaknya dan melahirkan banyak kawasan yang memang identik dengan prostitusi. Namun, pada keberlanjutannya sebagian besar dari lokasi tersebut telah ditutup dan beberapa di antaranya sudah diubah menjadi bangunan lain.

Baca juga : Sejarah Jakarta Islamic Centre, Tempat Masjid Terbakar Hebat Dulunya Lokalisasi Kramat Tunggak

Berikut tiga tempat prostitusi di Jakarta yang sudah ditutup pemerintah.

1. Lokalisasi Kramat Tunggak

Pada tahun 1970, Gubernur DKI Jakarta Ali Sadikin berencana menjadikan Jakarta sebagai kota metropolitan. Namun, dia banyak melihat PSK di berbagai tempat seperti Kramat, Pasar Senen, dan lainnya.

Ali Sadikin belajar dari Thailand dan membentuk tempat yang disebutnya sebagai resosialisasi. Pada akhirnya, Kramat Tunggak dipilih sebagai lokasinya. Kala itu, dikumpulkan sekitar 79 WTS dan 28 Germo di tempat tersebut.

Sayangnya, setelah hampir 30 tahun resosialisasi di tempat tersebut tidak membuat masyarakat menjadi lebih baik. Pada akhirnya, di era pemerintahan Sutiyoso tahun 1998, dikeluarkan SK Gubernur DKI Jakarta yang memutuskan menutup tempat tersebut paling lambat 31 Desember 1999.

Memasuki tahun 2000, Kramat Tunggak sudah bersih dari pemukiman lokalisasi. Saat itu, Sutiyoso memiliki ide untuk membangun Jakarta Islamic Center (JIC).

2. Kalijodo
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2260 seconds (10.177#12.26)