Masih Terendam Banjir, Exit Tol Bitung dari Jakarta Ditutup

Senin, 14 November 2022 - 15:58 WIB
loading...
Masih Terendam Banjir, Exit Tol Bitung dari Jakarta Ditutup
Jasa Marga masih melakukan penutupan akses keluar Bitung dari Jakarta serta akses masuk Bitung menuju Cikupa. Alasannya, jalan itu masih terendam banjir. Foto: Jasa Marga
A A A
BEKASI - PT Jasamarga Tollroad Maintenance (JMTM) masih melakukan penanganan banjir di Simpang Susun (SS) Bitung Km 26 Tol Jakarta-Tangerang. Menyusul hal itu, akses keluar Bitung dari Jakarta serta akses masuk Bitung menuju Cikupa masih ditutup sementara.

“Hingga saat ini akses keluar Bitung dari Jakarta dan akses masuk Bitung menuju Cikupa masih dilakukan penutupan sementara demi keamanan dan keselamatan pengguna jalan,” kata Marketing and Communication Department Head Jasamarga Metropolitan Tollroad Irra Susiyanti dalam keterangannya, Senin (14/11/2022).

Penutupan dilakukan lantaran masih ada genangan air pada lokasi. Genangan tersebut membuat jalanan tidak dapat dilintasi kendaraan.

Meski demikian Irra memastikan akses keluar Bitung dari arah Cikupa beroperasi normal. Hal yang sama juga berlaku pada akses masuk Bitung menuju arah Jakarta.



Irra menjelaskan genangan di SS Bitung Ruas Atol Jakarta-Tangerang ini terjadi akibat curah hujan yang tinggi yang terjadi pada Minggu 13 November 2022. Tingginya debit air sungai Kali Manis membuat limpasan air memasuki badan jalan.

“Jasa Marga melakukan sejumlah penanganan antara lain dengan memfungsikan 2 pompa submersible eksisting berkapasitas 60 liter/detik dan 30 liter/detik, tiga pompa vertikal berkapasitas @80 liter/detik, dua unit tambahan mobile pompa dengan kapasitas 80 liter/detik, melakukan penutupan sementara akses masuk dan keluar Bitung di Km 26 selama proses penanganan genangan serta pengamanan dan pengaturan arus lalu lintas di lokasi genangan,” tuturnya.

Lebih lanjut Jasa Marga juga melakukan langkah antisipasi jangka pendek dan panjang. Jasa Marga akan melakukan normalisasi waduk untuk menambahkan kapasitas tampungan air, meninggikan tanggul dan meningkatkan kapasitas gorong-gorong di sekitar lokasi genangan.

Sementara sebagai bentuk kepedulian, melalui Jasamarga Metropolitan Tollroad dan berkoordinasi dengan Satuan Tugas Bencana BUMN Provinsi Banten, Jasa Marga akan menyerahkan bantuan berupa bahan makanan siap saji untuk kebutuhan dapur umum warga yang juga terdampak banjir di Provinsi Banten.
(mhd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2952 seconds (0.1#10.140)