Pemkot Jakut Kerahkan Tim Kesiapsiagaan Rob Saat Gerhana Bulan Total

Selasa, 08 November 2022 - 11:45 WIB
loading...
Pemkot Jakut Kerahkan Tim Kesiapsiagaan Rob Saat Gerhana Bulan Total
Tim kesiapsiagaan Jakarta Utara mulai melakukan bentuk kewaspadaan bersama terhadap kenaikan muka air laut atau rob. Foto: Yohannes Tobing/MPI
A A A
JAKARTA - Tim kesiapsiagaan Jakarta Utara mulai melakukan bentuk kewaspadaan bersama terhadap kenaikan muka air laut atau rob . Hal itu menyusul dampak gerhana bulan total yang diprediksi akan terjadi pada malam ini, Selasa (8/11/2022).

Dalam hal ini, petugas kesiapsiagaan memberikan sosialisasi kewaspadaan dini terhadap masyarakat yang berada pesisir Jakarta apabila rob merendam permukiman penduduk.

Wali Kota Jakarta Utara Ali Maulana Hakim mengakui, spesifik wilayah pesisir apalagi terjadi perkiraan fenomena gerhana bulan total maka akan ada rob.

"Kita menghadapi rob setiap bulan, setiap bulan purnama walaupun tidak ada hujan dan air kiriman dari hulu dan dan sebentar lagi gerhana bulan total yang kemungkinan diprediksi rob agak meninggi," kata Ali saat dikonfirmasi.



Ali memastikan masyarakat telah disosialisasikan fenomena alam gerhana bulan total beserta dampak rob yang diprediksi lebih tinggi dibandingkan saat terjadinya bulan purnama.

Untuk itu, petugas gabungan Tiga Pilar (Pemerintah, TNI, dan Polri) serta Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi DKI Jakarta pun telah disiagakan pada sejumlah titik genangan di pesisir Jakarta Utara.

"Pengurus RT/RW dan stakeholder juga kami kerahkan untuk bersinergi, bersiap siaga terjadinya rob pada gerhana bulan total ini," ungkapnya.

Jauh sebelumnya, dipastikannya petugas telah berupaya menutup tanggul laut yang bocor dan mempersiapkan karung pasir untuk menahan rob tidak masuk ke daratan seperti pada Pelabuhan Sunda Kelapa, Penjaringan.

Termasuk menyiagakan sejumlah mesin pompa untuk percepatan mengembalikan genangan ke laut saat rob terpantau surut.

"Untuk itu kita antisipasi titik genangan rob. Masyarakat sudah kita sosialisasikan untuk waspada, begitu pun kesiapsiagaan sinergitas petugas, sarana dan prasarana, termasuk posko sudah kami siapkan," tutupnya.
(mhd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2221 seconds (0.1#10.140)