Kisah Amji Attak, Brimob Pemberani yang Bertempur dengan Tentara AL Malaysia di Laut China Selatan

Senin, 07 November 2022 - 15:45 WIB
loading...
A A A
Agen Polisi Roebino mendengar beberapa teriakan dan suara tubuh manusia yang tercebur ke laut. Rupanya, beberapa anggota Pelopor dan AL Malaysia tertembak.

Amji Attak memerintahkan anak buahnya menembakkan pelontar granat ke arah kapal musuh. Tembakan pertama meleset dan granat jatuh ke laut. Namun, tembakan kedua berakibat fatal bagi kapal patroli AL Malaysia karena tepat mengenai gudang amunisi sehingga kapal meledak.

Kapal AL Malaysia mengalami kerusakan berat dan mundur dari medan pertempuran. Sembari mundur, AL Malaysia meminta bala bantuan. Tak butuh lama, dua kapal lainnya datang dan langsung memuntahkan meriam dari jarak jauh untuk menghajar perahu Pelopor.

Pertempuran kedua ini tidak seimbang karena Pelopor yang bersenjatakan senapan ringan dan pelontar granat harus menghadapi fregat AL Malaysia yang dilengkapi meriam dan senapan mesin.

Alih-alih menyerah, Amji Attak justru memerintahkan untuk bermanuver mendekati fregat. Dia berpikir masih ada harapan pasukan Brimob selamat atau paling tidak menimbulkan kerusakan yang lebih besar bagi musuh jika melakukan peperangan jarak dekat.

Tembakan senapan mesin kaliber 12,7 mm dari kapal musuh perahu pertama dan anggota Pelopor di kapal tersebut tersapu tembakan. Dua perahu lainnya masih memberikan perlawanan dengan tembakan sengit.

Namun, segigih apapun perlawanan dari dua perahu pasukan Brimob berakhir ketika dua tembakan meriam mengenai samping perahu. Perahu Amji Attak hancur terkena tembakan meriam dan perwira Brimob itu gugur di Laut China Selatan. Dalam pertempuran itu, hampir semua anggota gugur.

Heroisme Amji Attak inilah yang dikenang sampai kini dan menjadi kebanggaan Korps Brimob Polri. Sebagai penghormatan atas keberanian petarung Brimob ini namanya dipakai Kesatrian Amji Attak Korps Brimob Polri di Kelapa Dua.
Baca juga: Komandan Brimob Ini Bertaruh Nyawa demi Selamatkan Presiden Soekarno

Setelah Amji Attak gugur, Agen Polisi Roebino yang terlibat pertempuran di Laut China Selatan selamat dengan cara berpegangan pada kaleng biskuit. Dia yang terkena tembakan di kaki kirinya diselamatkan kapal AL Malaysia dan dirawat di rumah sakit militer Johor.

Roebino kemudian ditawan di kantor polisi Johor. Di tempat ini, dia mendapat penyiksaan luar biasa karena dituduh komandan pasukan penyusup.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2057 seconds (0.1#10.140)