Soal Penerapan ETLE, DPRD DKI: Efektifkah Kurangi Kemacetan Jakarta?

Rabu, 02 November 2022 - 11:02 WIB
loading...
Soal Penerapan ETLE, DPRD DKI: Efektifkah Kurangi Kemacetan Jakarta?
DPRD DKI pertanyakan efektivitas penerapan ETLE bisa mengurangi kemacetan di Jakarta. Foto/Ilustrasi
A A A
BOGOR - Anggota Komisi A DPRD DKI Jakarta Gembong Warsono mempertanyakan ke Dinas Perhubungan (Dishub) DKI soal efektivitas electronic traffic law enforcement (ETLE) mengurangi kemacetan di Ibu Kota.

Hal itu disampaikan dalam Rapat Badan Anggaran (Banggar) DPRD DKI Jakarta bersama Pemprov DKI yang membahas rancangan KUA-PPAS APBD 2023 di Grand Cempaka Resort, Bogor, Rabu (2/11/2022).

Awalnya Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Syafrin Liputo berbicara soal penegakkan tata tertib dalam berlalu lintas diharapkan dapat meningkat setelah pemasangan ETLE diperluas.

”Kami akan berkolaborasi dengan rekan-rekan Polda Metro Jaya terkait dengan optimalisasi penegakkan hukum dengan ETLE yang diperluas,” ucap Syafrin.

”Soal ETLE, itu seberapa persen ngaruh untuk ngatasin macet,” timpal Gembong mempertanyakan ke Syafrin.

Syafrin pun merespons dengan mengklaim jumlah pelanggar lalu lintas menurun 30 persen setelah ada ETLE. Selain itu kinerja lalu lintas di jalan yang ber-ETLE juga turut meningkat.

”Artinya begitu pelanggaran lalu lintas rurun, maka kinerja lalu lintas di ruang lalu lintas yang ada ETLE-nya itu meningkat,” ujarnya.

Syafrin menjelaskan di kawasan Sudirman-Thamrin hampir seluruh sudutnya telah terpasang kamera ETLE, hal itu bisa melihat kecepatan lalu lintas berada di atas 35 kilometer per jam saat waktu tertentu di jam sibuk.

Contohnya di kawasan Sudirman-Thamrin, yang notabene sudah dipasang full ETLE, di sana pada saat tertentu kecepatan lalu lintas itu di atas 35 kilometer per jam dalam waktu sibuk.



ETLE dapat mempengaruhi ketertiban pengendaraan roda dua maupun roda empat.

”Artinya, itu (ETLE) menyumbang cukup besar dari sisi peningkatan kinerja lalu lintas dengan (ditunjukkan) adanya ketertiban berlalu lintas masyarakat,” tuturnya.
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2295 seconds (0.1#10.140)