Polda Metro Bakal Tes Urine Mahasiswa, Begini Respons BEM SI

Jum'at, 28 Oktober 2022 - 23:23 WIB
loading...
Polda Metro Bakal Tes Urine Mahasiswa, Begini Respons BEM SI
Aliansi BEM SI usai demo di Patung Kuda, Jakarta Pusat, Jumat (28/10/2022). Foto: MPI/Irfan Maulana
A A A
JAKARTA - Polda Metro Jaya berencana bakal melakukan tes urine terhadap mahasiswa pada November 2022. Rencana itu pun ditanggapi oleh Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia ( BEM SI ).

Koordinator Pusat Aliansi BEM SI Muhammad Yuza Augusti mengatakan, rencana Polda Metro Jaya untuk melakukan tes urine kepada mahasiswa adalah bentuk ketidakpercayaan terhadap anak muda. Dia juga meminta, agar polisi dilakukan tes urine secara rutin. Baca juga: Tes Urine Mahasiswa Jakarta Mulai November, Ini Tanggapan Kemendikbudristek

"Tapi kami mohon untuk dites urine juga para petugas kepolisian. Jangan sampai tebang pilih hanya mahasiswa saja, bisa jadi permasalahan ada di bapak-bapak (polisi) juga," ujarnya usai unjuk rasa di Patung Kuda, Jakarta Pusat, Jumat, (28/10/2022).

Dia mengatakan, permintaan tes urine untuk para petugas polisi bukan tanpa sebab.

"Karena yang namanya ini undang-undang bukan cuma hanya untuk mahasiswa ya. Tapi seluruh Indonesia kan, masa cuma mahasiswa yang dites," pungkasnya.



Dia meminta polisi untuk berkomunikasi dengan pihak kampus terlebih dahulu. Agar tidak semena-mena soal kebijakan ini.

"Karena kami mahasiswa di bawah institusi-instansi yang kami hargai di bidang pendidikan jangan sampai itu dilewatkan," kata Yuza.

Dia meminta, polisi melakukan komunikasi yang baik dengan pihak kampus. Baca juga: Cegah Penyalahgunaan Narkoba, Polda Metro Akan Tes Urine Anggotanya

"Kita harus bisa memperhatikan juga bagaimana mereka masuk ke dalam kampus. Karena mereka tidak punya otoritas apa pun kepada mahasiswa secara langsung. Kita pun punya hak tidak bisa secara ilegal masuk ke wilayah kampus kami," pungkasnya.
(mhd)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2320 seconds (10.55#12.26)