Resmi Dibuka di ICC Cibinong, InaRI Expo 2022 Dorong Periset Raih Prestasi

Kamis, 27 Oktober 2022 - 17:12 WIB
loading...
Resmi Dibuka di ICC Cibinong, InaRI Expo 2022 Dorong Periset Raih Prestasi
Indonesia Research & Innovation Expo 2022 (InaRI Expo 2022) resmi dibuka di Gedung ICC, Cibinong Science Center, Kabupaten Bogor, Kamis (27/10/2022). Foto: Ist
A A A
BOGOR - Indonesia Research & Innovation Expo 2022 (InaRI Expo 2022) resmi dibuka di Gedung ICC, Cibinong Science Center, Kabupaten Bogor, Kamis (27/10/2022). Pameran riset dan inovasi terbesar ini diharapkan mendorong para periset Indonesia untuk meraih prestasi yang lebih tinggi.

InaRI Expo 2022 yang berlangsung mulai 27-30 Oktober 2022 merupakan event pertama yang diselenggarakan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) sebagai ruang ekspresi dan apresiasi bagi para periset, inovator, dan inventor yang telah memberikan kontribusi bagi masyarakat dan negara.

Kepala BRIN Laksana Tri Handoko mengatakan, kegiatan semacam ini sebenarnya sudah rutin dilaksanakan masing-masing kementerian/lembaga sebelum terintegrasi ke dalam BRIN. Untuk itu, ke depan kegiatan ini akan rutin dilakukan setiap tahun.
Baca juga: Digelar di Cibinong, Promotor InaRI Expo Sediakan Bus dan Tiket Gratis

“Ini adalah kelanjutan dari kegiatan expo yang sebelumnya telah dilakukan oleh beberapa LPNK dan sekarang diintegrasikan sehingga menjadi lebih besar dengan gaung lebih besar pula serta lebih menarik untuk publik,” ujar Handoko dalam pidato pembukaan InaRI Expo 2022 di Cibinong, Kabupaten Bogor.

Tahun ini InaRI Expo 2022 mengusung tema “Digital, Blue, & Green Economy: Riset dan Inovasi untuk Kedaulatan Pangan dan Energi”. Melalui tema ini, BRIN ingin mendorong kolaborasi dengan berbagai pihak untuk memperkuat ekosistem riset dan inovasi guna mewujudkan ekonomi yang berbasis digital, berwawasan lingkungan, dan memanfaatkan sumber daya alam yang dimiliki Indonesia.

Melalui InaRI Expo 2022, BRIN juga mengajak seluruh periset dan inovator dari berbagai lembaga untuk berbagi kesuksesan yang menginspirasi para periset dan inovator generasi berikutnya.

“Kami berharap adanya perhelatan InaRI Expo 2022 ini akan semakin mendorong para periset Indonesia untuk meraih prestasi lebih tinggi lagi. Termasuk menginspirasi generasi muda untuk menjadi calon riset,” kata Handoko.
Baca juga: Siap Digelar, Inari Expo 2022 Berperan Penting untuk Kemandirian Indonesia

InaRI Expo 2022 diikuti sebanyak 239 peserta. Adapun dari 239 booth peserta pameran itu terdiri dari Perwakilan BUMN, Perwakilan BUMD, Asean-India Startup Festival, Perwakilan Negara G20, Perusahaan Swasta Nasional, Perguruan Tinggi, dan sekolah-sekolah setingkat SMA dan SMP.

Gelaran InaRI Expo 2022 juga dimeriahkan dengan berbagai kegiatan di antaranya seminar, business gathering, product presentation, workshop, talkshow, business matching, klinik konsultasi, Youth Research and Innovation Fair, science show, Halal Tech Expo 2022, ASEAN India Start up Festival 2022, Start Up Program Pengusaha Pemula Berbasis Riset BRIN, dan Zona G20.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1128 seconds (0.1#10.140)