5 Tempat Bersejarah di Jakarta Layak Jadi Tujuan Wisata, Nomor 1 Sangat Terkenal

Kamis, 27 Oktober 2022 - 06:02 WIB
loading...
5 Tempat Bersejarah di Jakarta Layak Jadi Tujuan Wisata, Nomor 1 Sangat Terkenal
Kota Tua adalah tempat wisata bersejarah yang sangat terkenal di Jakarta. Foto: Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Jakarta adalah kawasan bersejarah yang menjadi saksi bisu penjajahan kolonial Belanda. Banyak tempat bersejarah di Jakarta layak menjadi tujuan wisata .

Kawasan bersejarah itu mulai dari Kota Tua , Pos Bloc, hingga Lubang Buaya. Berikut 5 tempat bersejarah di Jakarta layak jadi tujuan wisata yang dihimpun dari berbagai sumber, Kamis (27/10/2022):
Baca juga: 7 Tempat Bersejarah di Jakarta Saksi Perjuangan Kemerdekaan Indonesia

1. Kota Tua
Kota Tua adalah tempat wisata bersejarah yang sangat terkenal di Jakarta. Kawasan Kota Tua atau semula dikenal Oud Batavia ini dulunya diduduki oleh Belanda sekaligus menjadi tempat perdagangan antarpulau.

Pada tahun 1610 kawasan Jayakarta dikuasai Vereenigde Oostindische Compagnie (VOC) yang dipimpin Jan Pieterszoon Coen. Selang 10 tahun setelahnya yaitu pada 1920 VOC membangun kota baru setelah Kota Jayakarta runtuh.

Pembangunan tersebut selesai pada tahun 1650. Kota itulah yang dikenal dengan Batavia kini Jakarta. Namun, pada 1942 Jepang berhasil menaklukkan Belanda dan mengganti nama menjadi Jakarta.

Ada beberapa spot yang bisa dikunjungi ketika ke Kota Tua, seperti Museum Wayang, Museum Bank Mandiri, Museum Seni Rupa dan Keramik, serta yang paling terkenal Museum Fatahillah. Untuk berkunjung ke Kota Tua tidak dikenakan biaya alias gratis.
5 Tempat Bersejarah di Jakarta Layak Jadi Tujuan Wisata, Nomor 1 Sangat Terkenal


2. Museum Sasmita Loka Ahmad Yani
Ahmad Yani adalah tokoh pejuang yang gugur saat peristiwa G30S PKI. Rumahnya yang terletak di Jalan Teuku Umar, Menteng, Jakarta Pusat jadi saksi bisu pembantaian PKI. Di tempat ini juga Ahmad Yani terbunuh bersama pejuang lainnya.

Untuk mengenang perjuangan para pahlawan akhirnya bangunan ini dijadikan museum. Ada beberapa interior dan barang asli peninggalan Ahmad Yani yang dipajang di museum ini. Museum Sasmita Loka Ahmad Yani diresmikan pada 1 Oktober 1966 dan dibuka umum.
5 Tempat Bersejarah di Jakarta Layak Jadi Tujuan Wisata, Nomor 1 Sangat Terkenal


3. Pos Bloc
Pos Bloc kini disulap menjadi tempat untuk bersantai yang mengasyikkan. Dengan model bangunan yang tidak banyak diubah justru membuat tempat ini semakin menarik. Pos Bloc terletak di Jalan Pos, Pasar Baru, Jakarta Pusat. Gedung bernama Filateli dulunya merupakan kantor pos yang beroperasi pada tahun 1860-an dan dibangun zaman Belanda.

Dulu gedung Filateli bernama Post Telefoon en Telegraf. Bangunan serba putih itu pernah dirancang ulang oleh arsitek Belanda JF Van Hoytema pada tahun 1912 dan berlangsung selama 17 tahun.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2469 seconds (10.101#12.26)