Gangguan Mesin, Lion Air Kembali Mendarat di Bandara Soetta, Begini Penjelasan Maskapai

Rabu, 26 Oktober 2022 - 20:49 WIB
loading...
Gangguan Mesin, Lion Air Kembali Mendarat di Bandara Soetta, Begini Penjelasan Maskapai
Pesawat Lion Air JT330 rute Jakarta-Palembang mendarat darurat di Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang, Rabu (26/10/2022) pukul 17.45 WIB. Mesin kiri pesawat itu terbakar. Foto: Ist
A A A
TANGERANG - Pihak maskapai menjelaskan insiden Lion Air nomor penerbangan JT-330 tujuan Jakarta-Palembang kembali mendarat di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Rabu (26/10/2022).

Lion Air tujuan Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang, Sumatera Selatan itu telah dijalankan sesuai standar operasional prosedur (SOP). Lion Air telah dipersiapkan secara tepat.
Baca juga: Mesin Kiri Terbakar, Lion Air Mendarat Darurat di Bandara Soekarno Hatta

Corporate Communications Strategic of Lion Air Danang Mandala Prihantoro menjelaskan, sebelum keberangkatan pesawat Boeing 737-800NG registrasi PK-LKK dinyatakan layak dan aman dioperasikan melalui pengecekan awal (pre flight check).

Setelah proses penanganan operasional, layanan penumpang dan kargo di darat selesai, Lion Air penerbangan JT-330 lepas landas pukul 17.13 WIB dengan membawa 6 kru dan 169 penumpang.

Fase mengudara berjalan normal. Pilot menjalankan pengoperasian pesawat berdasarkan prosedur. “Pada ketinggian jelajah 3.000 kaki, pilot merasakan kinerja pada salah satu komponen mesin pesawat tidak sesuai dengan yang semestinya dan menunjukkan perlu segera dilakukan pengecekan,” ujar Danang melalui keterangan tertulis, Rabu (26/10/2022).

Dalam memastikan faktor keselamatan dan keamanan penerbangan (safety first), pilot memutuskan untuk kembali ke bandara asal (return to base) di Bandara Soetta.

Pesawat mendarat secara normal dan aman. Setelah pesawat berhenti dan parkir pada landas parkir (apron), seluruh penumpang diarahkan menuju ruang tunggu (boarding gate) guna mendapatkan informasi lebih lanjut. Proses penumpang keluar dari pesawat (disembark) dilakukan secara normal.

“Lion Air menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh penumpang atas ketidaknyamanan yang timbul,” ucapnya.
Baca juga: Mesin Kiri Terbakar, Lion Air Mendarat Darurat di Bandara Soetta, Polisi : Kendala Teknis

Teknisi dan pilot melakukan pengecekan pada pesawat melalui tahapan kerja yang dijalankan menurut daftar kerja (check list) yang membutuhkan waktu. Untuk saat ini, Lion Air tidak dapat berspekulasi.

Lion Air telah menginformasikan kepada seluruh penumpang bahwa penerbangan JT-330 dipersiapkan dengan menggunakan pesawat Lion Air lain. Lion Air menjalankan pelayanan dan penanganan kepada penumpang sesuai ketentuan yang berlaku.

Penerbangan JT-330 selanjutnya dioperasikan dengan menggunakan Boeing 737-800NG registrasi PK-LOP. Pesawat telah berangkat pada pukul 19.20 WIB dan diperkirakan mendarat di Bandara Sultan Mahmud Badarudin II pukul 20.20 WIB.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1512 seconds (0.1#10.140)