Siti Elina yang Hendak Terobos Istana Presiden Ternyata Mantan HTI dan Terafiliasi NII

Rabu, 26 Oktober 2022 - 17:45 WIB
loading...
Siti Elina yang Hendak Terobos Istana Presiden Ternyata Mantan HTI dan Terafiliasi NII
Siti Elina, perempuan penerobos Istana Presiden kemudian menodongkan senjata api ke Paspampres ternyata mantan anggota HTI dan terafiliasi Negara Islam Indonesia (NII). Foto: Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Siti Elina, perempuan bercadar penerobos Istana Presiden kemudian menodongkan senjata api ke Paspampres ternyata mantan anggota Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) dan terafiliasi Negara Islam Indonesia (NII).

"Dari hasil pemeriksaan sementara dan analisis Densus 88, ditemukan memang yang bersangkutan terhubung secara media sosial kepada beberapa akun yang kita indikasikan akun Eks HTI maupun NII (Negara Islam Indonesia)," ujar Kabag Banops Densus 88 Antiteror Polri Kombes Pol Aswin di Polda Metro Jaya, Rabu (26/10/2022).

Namun, keterlibatan Siti Elina dengan kelompok teroris ini masih didalami oleh penyidik Ditreskrimum Polda Metro Jaya maupun Densus 88. Pihaknya juga masih mendalami motif dalam peristiwa tersebut.
Baca juga: Siti Elina, Perempuan Bercadar Penerobos Istana Presiden Jadi Tersangka

Polisi menetapkan Siti Elina sebagai tersangka. Selain itu, BU dan JM juga jadi tersangka karena memiliki hubungan dengan Siti Elina.

Siti Elina dijerat Undang-Undang Darurat Nomor 12 Tahun 1951 Juncto Pasal 335 KUHP. "Statusnya Siti Elina sudah ditetapkan tersangka," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Endra Zulpan.

Untuk UU terorisme belum dikenakan karena masih dikonstruksikan. "BU dan JM juga tersangka," ucapnya.

Sebelumnya, polisi menangkap perempuan bercadar yang mencoba menerobos Istana Presiden, Jakarta Pusat, dengan membawa senjata api (senpi) jenis FN. Peristiwa terjadi pada pukul 07.00 WIB, Selasa (25/10/2022).
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1613 seconds (0.1#10.140)