Belasan Rumah di Jonggol Bogor Terkikis Sungai Cipamingkis, Warga Mengungsi

Rabu, 26 Oktober 2022 - 10:55 WIB
loading...
Belasan Rumah di Jonggol Bogor Terkikis Sungai Cipamingkis, Warga Mengungsi
Belasan rumah di Jonggol Kabupaten Bekasi terkikis Sungai Cipamingkis yang mengakibatkan warga mengungsi. Foto/BPBD Bogor
A A A
BOGOR - Belasan rumah warga di Kampung Jagaita, Desa Jonggol, Kabupaten Bogor terdampak abrasi dari aliran Sungai Cipamingkis. Sejumlah warga terpaksa harus mengungsi ke tempat yang aman.

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Bogor Aris Nurjatmiko mengatakan peristiwa abrasi di pinggiran Sungai Cipamingkis itu terjadi pada Kamis 20 Oktober 2022. Disebabkan oleh volume air yang meningkat dan derasnya arus Sungai Cipamingkis.

”Mengakibatkan permukiman warga yang sebelumnya terabrasi akibat kejadian yang sama, saat kejadian kembali terabrasi. Dampak lain dari itu, permukaan tanah kurang lebih 15 meter dari bibir sungai juga telah mengalami keretakan,” kata Aris, Rabu (26/10/2022).

Dalam kejadian ini, 13 unit rumah warga di pinggiran sungai terdampak. Tak hanya itu, total 14.200 meter sawah milik 5 warga sekitar juga ikut terdampak serta satu musola yang rusak berat hilang terbawa arus.



”Rumah yang terancam ada 22. Data terbaru ada 14 KK yang mengungsi,” jelasnya.

Saat ini, bagian tanah yang bergeser atau terkikis masih terus bergerak sehingga dibutuhkan penangan lebih lanjut dari intansi terkait. Karena, dikhawatirkan ketika arus Sungai Cipamingkis kembali naik bagian bibir sungai semakin berdampak kepada masyarakat.

”Dibutuhkan pembangunan bronjong serta aliran sungai baru sepanjang kurang lebih 300 meter oleh pihak terkait karena ketika arus sungai naik abrasi pada bibir aliran sungai terus terjadi,” tutupnya.
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1017 seconds (0.1#10.140)