Setelah Membunuh, Rudolf Tobing Gasak Uang Icha Rp30 Juta untuk Main Binomo

Senin, 24 Oktober 2022 - 20:27 WIB
loading...
Setelah Membunuh, Rudolf Tobing Gasak Uang Icha Rp30 Juta untuk Main Binomo
Direktur Reskrimum Polda Metro Jaya Kombes Pol Hengki Haryadi, dalam konferensi pers di Polda Metro Jaya, Senin (24/10/2022). Foto: MPI/Erfan Maaruf
A A A
JAKARTA - Christian Rudolf Tobing (36) menggasak harta benda Ade Yunia Rizabani alias Icha (36) setelah melakukan pembunuhan di sebuah apartemen kawasan Pramuka, Jakarta Pusat, dan membuangnya di kolong Tol Becakayu. Rudolf menggasak handphone, laptop, dan uang di rekening Icha senilai Rp30 juta.

"Rp4 juta sudah digunakan tersangka untuk aplikasi trading Binomo," ujar Direktur Reskrimum Polda Metro Jaya Kombes Pol Hengki Haryadi, dalam konferensi pers di Polda Metro Jaya, Senin (24/10/2022).

Baca juga: Ini Isi Perbincangan Rudolf dan Icha sebelum Korban Dibunuh

Diketahui, pelaku membuang jasad korban di kolong Tol Becakayu, Jalan Raya Kalimalang, Jatibening, Pondok Gede, Kota Bekasi.

Dari hasil keterangan keluarga, diperoleh informasi bahwa diduga korban terakhir pergi dengan pelaku. Selanjutnya, tim Subdit Jatanras berhasil mengamankan pelaku saat akan menjual laptop milik korban di rumah gadai Jalan Jatiwaringin Raya, Pondok Gede, Bekasi.

Saat diinterogasi, pelaku sempat mengaku korban meninggal karena sakit asma saat sedang bersamanya di apartemen. Namun, setelah didalami dan dari hasil penyidikan, akhirnya pelaku mengakui telah membunuh korban.

Baca juga: Berdalih Bikin Konten Prank, Begini Cara Sadis Rudolf Bunuh Icha

Rudolf telah merencanakan pembunuhan terhadap Icha. Sebelum mengeksekusi Icha, Rudolf sempat mensurvei lokasi yang minim pengawasan CCTV.

Rudolf awalnya sempat menemukan apartemen di daerah Jakarta Selatan yang minim CCTV. Lokasi itu dinilai tersangka cocok untuk menghabisi nyawa korban.

"Ada satu tempat di Jakarta Selatan, namun ketika didatangi (pelaku) penuh, sehingga beralih ke TKP ini (Jakarta Pusat). Jadi, ini sudah disurvei yang bersangkutan," terang Hengki.

Rudolf telah menyiapkan serangkaian rencana pembunuhan kepada korban. Salah satunya pelaku sempat belajar cara membunuh tanpa mengeluarkan suara.

"Ada kesesuaian keterangan korban dengan bukti jejak digitalnya," terang Hengki.

Selain itu Rudolf juga turut menyiapkan kabel ties. Alat itu menjadi salah satu barang bukti yang dipakai tersangka dalam membunuh korban.
(thm)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2434 seconds (10.101#12.26)