Antrean Penumpang di Stasiun Bogor, Bima Arya Nilai Shift Kerja Tak Berjalan

Senin, 06 Juli 2020 - 10:16 WIB
loading...
Antrean Penumpang di Stasiun Bogor, Bima Arya Nilai Shift Kerja Tak Berjalan
Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto saat meninjau Stasiun Bogor, Senin (6/7/2020). SINDOnews/Haryudi
A A A
BOGOR - Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto menilai penumpukan di Stasiun Bogor disebabkan beberapa faktor, di antaranya masih belum berjalannya sistem pengaturan (shift) jam kerja. Akibatnya, antrean penumpang KRL commuter line awal pekan ini luar biasa dibanding Senin pekan lalu.

"Bapak Menteri Perhubungan dan Gubernur DKI Jakarta, pagi ini warga Bogor harus mengantre selama 1,5-2 jam untuk bisa masuk ke gerbong kereta. Bus yang kami siapkan sudah maksimal dan memang tidak bisa jadi solusi permanen," kata Bima di Stasiun Bogor, Senin (06/07/2020). (Baca juga; Begini Suasana Antrean Penumpang Commuter Line di Stasiun Bogor )

Bima melihat, hal itu terjadi karena jumlah penumpang sudah dekati angka normal karena banyak sektor sudah dibuka di ibukota , namun kapasitas gerbong tetap dibatasi 35%. Bima meminta agar sistem pembagian kerja dievaluasi total implementasinya. Idealnya waktu kerja lebih berjarak dan dipastikan berjalan di perkantoran.

"Nggak bisa ini, saya selalu sampaikan. Setiap senin penumpang selalu bertambah. Hari ini saja kenaikanya terlihat sekali. Saya melihat shift kerja tidak berjalan. Kemarin dengan pak Doni Munardo bilang di berbagai tempat shift sudah berjalan. Tetapi sepertinya, kebiasan berangkat penumpang tidak berubah," paparnya.
Antrean Penumpang di Stasiun Bogor, Bima Arya Nilai Shift Kerja Tak Berjalan

Dia menilai, ada beberapa faktor, bisa saja masuk ke kantornya mungkin sesuai dengan shift, tapi berangkatnya para penumpang ini yang tidak bisa dikontrol. "Mungkin yang musti diubah jarak shifnya kurang jauh. Ini tidak bisa begini terus. Kita juga kewalahan. KCI juga kewalahan," lanjut Bima.

Bima pun menyebut, ketersediaan bus tidak akan berhasil karena diferensiasi kapasitas KRL dengan bus berbeda dan daya angkut bus serta KRL Commuter Line berbeda. Pada hari Senin penumpang KRL Commuter Line bisa mencapai 20.000, sedangkan bus berkapasitas 15 orang.

"Bus nggak bisa. Mau seribu jumlah busnya, nggak bisa. Penumpang 20.000, kapasitas bus 15 orang. Siapa yang mau menyediakan bus, intinya evaluasi total kerja," tambahnya. (Baca juga; Pemandangan Antrean Penumpang di Stasiun Bogor Setiap Senin Pagi )
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1191 seconds (0.1#10.140)