Apresiasi Kepemimpinan Anies-Ariza, Begini Kata Mendagri

Senin, 17 Oktober 2022 - 10:36 WIB
loading...
Apresiasi Kepemimpinan Anies-Ariza, Begini Kata Mendagri
Mendagri Muhammad Tito Karnavian saat melantik Heru Budi Hartono sebagai Pj Gubernur DKI pengganti Anies di Gedung Kemendagri, Jakarta Pusat, Senin (17/10/2022). Foto: MPI/Raka
A A A
JAKARTA - Tugas Anies Baswedan dan Ahmad Riza Patria (Ariza) sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta telah setelah dilaksanakan dengan baik. Banyak program pemerintah yang dilakukan denganbaik.

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian mengucapkan terima kasih atas dedikasi Anies dan Ariza yang telah memimpin DKI Jakarta. Bahkan, kata dia, sejumlah fasilitas di Jakarat diubah kian bagus. Baca juga: Resmi, Heru Budi Dilantik Jadi Pj Gubernur DKI Pengganti Anies

Meski demikian, kata Tito, menjadi Gubernur DKI Jakarta tidak mudah karena permasalahan di Jakarta sangat kompleks. Hal tersebut bisa dirinya rasakan saat menjadi Kapolda Metro Jaya.

"Saya kira saya pernah lama dinas di Jakarta termasuk di Kapolda Metro Jaya. Tidak ringan permasalahaan di Jakarta, sangat-sangat kompleks sekali. Tapi bapak (Anies-Ariza) alhamdulillah bisa menyelesaikannya," kata Tito dalam sambutannya di Gedung C Kemendagri, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Senin (17/10/2022).

Tito yang mewakili pemerintah pusat mengapresiasi setinggi-tingginya atas apa yang telah dilakukan Anies dan Riza selama memimpin DKI Jakarta.

"Saya selaku mewakili pemerintah pusat memberikan apresiasi yang tinggi kepada bapak-bapak berdua. Dan insya Allah semua akan dapat jalani dan mendapatkan pahala berlimpah dari Allah SWT," kata Tito.

Pelantikan Heru sebagai Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta merupakan amanat undang-undang untuk mengisi kekosongan jabatan selama satu tahun. Sebab pada 2024 akan dilaksanakan pilkada serentak termasuk pemilu lainnya.



"Pelantikan ini karena berakhirnya masa jabatan pejabat-pejabatnya yang definitif yang lama baik di DKI Jakarta maupun Yapen dan Tolikara sebagai konsekuensinya sesuai undang-undang karena memang nanti pilkada dilaksanakan tahun 2024 maka kekosongan itu diisi oleh penjabat," kata Tito.

Heru terpilih menjadi Pj Gubernur DKI Jakarta melalui SidangTim Penilai Akhir (TPA) yang dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Alhasil, Heru mengalahkan dua kandidat lainnya yakni Sekda DKI Marullah Matali dan Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri Bahtiar.

"Penjabat ini sudah melalui seleksi dan khusus utk DKI Jakarta adalah 3 nama yang diajukan oleh DPRD yang di-TPA-kan sidang dipimpin oleh bapak Presiden serta sejumlah menteri dan pimpinan lembaga yang kemudian memutuskan memilih bapak Heru sebagai penjabat," tuturnya.

Diberitakan sebelumnya, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian resmi melantik Heru Budi Hartono sebagai Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Senin (17/10/2022) di Kantor Kemendagri, Jakarta. Baca juga: Anies Gelar Pertemuan Tertutup dengan Pj Gubernur DKI Heru Budi

Dilantiknya Heru sesuai dengan Keputusan Presiden (Keppres) RI Nomor 100/P 2022 tentang Pengesahan Pemberhentian Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta masa jabatan 2017-2022 dan pengangkatan pejabat Gubernur DKI Jakarta
(mhd)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3241 seconds (11.97#12.26)