Kembali ke Rumah, Pj Gubernur DKI Heru Budi Dinilai Bisa Atasi Masalah Jakarta

Senin, 17 Oktober 2022 - 08:51 WIB
loading...
Kembali ke Rumah, Pj Gubernur DKI Heru Budi Dinilai Bisa Atasi Masalah Jakarta
Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono akan dilantik hari ini oleh Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian. Foto: MPI/Dok
A A A
JAKARTA - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian bakal melantik Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono menggantikan Anies Baswedan , Senin (17/10/2022). Sebelumnya, Anies Baswedan sudah purna tugas pada Minggu 16 Oktober 2022.

Sebagai birokrat yang berpengalaman tugas di wilayah Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, nama Heru Budi Hartono tampak tidak asing bagi masyarakat Jakarta khususnya. Bahkan, ucapan Welcome Home atau Selamat Datang di Rumah pun berdatangan.

"Saya ucapkan selamat datang di rumah sendiri, welcome home kepada Kangmas Heru Budi Hartono di wilayah DKI Jakarta," ujar Direktur Lembaga Kaukus Muda Nusantara Fakhrizal Lukman, Senin (17/10/2022).

Dia mengatakan, Jakarta bukan tempat baru bagi Heru. Pasalnya, kata dia, Heru pernah menjabat sebagai Wali Kota Jakarta Utara.

"Tentu ini bukan tempat baru bagi beliau, perjalanan karir sebagai ASN dengan berbagai Jabatan telah ia tempuh sehingga cukup pengalaman bagi Kangmas Heru untuk berkiprah di Pemprov DKI Jakarta," sambungnya.

Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) yang pernah menjabat Wali Kota Jakarta Utara itu, kata Fakhrizal, diharapkan dapat melahirkan solusi dari berbagai persoalan krusial yang terjadi di Jakarta.

Menurutnya, pengalaman menduduki beberapa posisi strategis semasa bertugas di Pemprov DKI Jakarta dapat menjadi suplai ide dalam menuntaskan program kerja Pemprov DKI.



"Terlebih juga beliau saat ini menjabat Kepala Sekretariat Presiden dengan sederet prestasinya, artinya juga akan mendorong terbangunnya komunikasi yang baik dengan Pemerintah Pusat maupun lintas daerah, bahkan lintas negara," kata aktivis muda ini.

Fakhrizal menuturkan, Jakarta yang dikenal sebagai kota multikultural, membutuhkan sosok pemimpin yang bisa diterima semua kalangan. Untuk itu, lanjutnya, ia yakin bahwa Heru Budi Hartono mampu menjalin kolaborasi dengan berbagai pihak.

"Kami lihat banyak juga tokoh Jakarta yang welcome dan terbuka atas kedatangan kangmas Heru ke Jakarta. Intinya, terbuka juga jika kangmas Heru menjalin kolaborasi terutama dalam membangun peradaban sebagai kota kelas dunia," sebutnya.

Sebagai informasi, pasca dipilihnya Heru Budi Hartono menjadi Pj Gubernur DKI Jakarta melalui sidang Tim Penilai Akhir (TPA) yang dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), ia diberikan tiga instruksi khusus yang diamanatkan Presiden Jokowi yakni penanganan banjir, tata ruang, dan kemacetan.

"Jadi Pak Presiden menitipkan, menyampaikan kepada saya secara garis besar ada tiga hal. Yang pertama adalah penanganan banjir, tata ruang, dan kemacetan lalu lintas," ucap Heru Budi Hartono di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu 12 Oktober 2022.
(mhd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1638 seconds (0.1#10.140)