Ingin Main ke Jakarta, Belasan Anak Purwakarta Telantar di Ancol

Jum'at, 14 Oktober 2022 - 19:41 WIB
loading...
Ingin Main ke Jakarta, Belasan Anak Purwakarta Telantar di Ancol
Belasan anak di bawah umur asal Purwakarta, Jawa Barat, ditemukan telantar di pinggir Jalan Lodan Raya, Ancol, Pademangan, Jakarta Utara, Jumat (14/10/2022) sore. Foto: SINDOnews/Yohannes Tobing
A A A
JAKARTA - Belasan anak di bawah umur asal Purwakarta, Jawa Barat, ditemukan telantar di pinggir Jalan Lodan Raya, Ancol, Pademangan, Jakarta Utara, Jumat (14/10/2022) sore. Mereka nekat ke Jakarta untuk sekadar main.

Belasan anak itu kini dalam penanganan petugas Pelayanan, Pengawasan, dan Pengendalian Sosial (P3S) Suku Dinas Sosial Jakarta Utara.

"Kita selamatkan dulu. Tadi kan sudah kita assessment namanya siapa, alamatnya di mana, ada keluarga atau tidak," ujar Wakil Komandan P3S Posko Hailai Ancol Sudinsos Jakarta Utara Lanang Sundawani.

Baca juga: Miris! Ratusan Siswa SD di Padalarang Telantar Akibat Sekolah Disegel Pemilik Lahan

Lanang menyebut ada total 13 anak telantar yang diamankan. Selanjutnya, setelah dilakukan assessment akan dipulangkan kembali ke Purwakarta.

"Kita kasih makan dulu. Kemudian nanti ada laporan untuk pemulangan," ucapnya.

Ke 13 anak telantar tersebut terdiri dari tujuh perempuan dan enam laki-laki. Mereka ditemukan duduk di rerumputan pinggir Kali Ancol dengan tampang kebingungan. Pakaian mereka tampak lusuh.

Wajah anak-anak ini pun dekil setelah seharian terpapar debu jalanan. Sebagian hanya memakai sendal jepit, sementara yang lainnya nyeker alias tanpa alas kaki.

Salah seorang anak bernama Fikar (16), mengatakan, mereka baru tiba di Ancol sekitar pukul 16.00 WIB setelah menempuh perjalan darat menaiki truk trailer dari Purwakarta.

"Kami dari Purwakarta, ke sini nebeng truk. Ini baru sampai, berangkatnya dari tadi pagi," ucapnya.

Fikar mengaku mereka nekat datang ke Jakarta dengan alasan bermain. "Rencananya mau nginep sehari, besok pagi pulang, tidur di jalanan aja. Sebelumnya sudah izin sama orang tua," pungkasnya.
(thm)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1973 seconds (11.210#12.26)