alexa snippet

Begini Nasib Hutan Kota Ujung Menteng

Begini Nasib Hutan Kota Ujung Menteng
Di tengah kasus korupsi yang membelitnya, Hutan Kota Taman Ujung Menteng, Jakarta Timur kondisinya kini kurang terawat. (Komaruddin Bagja/Sindonews)
A+ A-
JAKARTA - Di tengah kasus korupsi yang membelitnya, Hutan Kota Taman Ujung Menteng, Jakarta Timur kondisinya kini kurang terawat. Tempatnya yang tersembunyi di balik rumah warga di pinggiran Kanal Banjir Timur kini memprihatinkan.

Pantauan Sindonews, saat menuju area Hutan Kota tampak kanan kirinya dipenuhi perkebunan milik warga. Ada juga tanaman liar yang gersang.

Memasuki pintu gerbang, terlihat kantor pengurus di sebelah kiri yang kosong dan ada tanda-tanda kalau kantor tersebut pernah mengalami peristiwa kebakaran.

Ternyata menurut pengurus hutan kota, sebelumnya panel listrik sempat korslet dan membakar ruangan.

"Kira-kira bulan puasa kemarin kebakaran. Dari panel yang korslet. Akhirnya sampai sekarang listriknya tidak bisa digunakan," kata Martin pengurus hutan kota saat ditemui Sindonews, Senin (13/10/2014).

Konblok dan tanaman juga sudah terpasang rapih. Terlihat beberapa pekerja sedang menyirami tanaman dengan mengambil air dari kali kecil di tengah hutan kota karena listriknya belum bisa digunakan untuk menyalakan air.

Gazebo dan musala penuh debu di tiap sisi. Keran air wudlu pun juga tidak keluar air.

"Ya semenjak kebakaran itu air enggak keluar. Jadi pada enggak bisa salat di musala," tambah Martin.

Kali kecil yang ada di tengah-tengah juga berwarna hijau berlumut. Hawa di hutan kota ini cukup panas sekali. Karena wilayah Ujung Menteng dekat dengan kawasan industri dan perbatasan dengan Kota Bekasi. (Baca juga: Kasudin Pertanian dan Kehutanan Jaktim Ditahan)

Proyek pembangunan hutan kota Ujung Menteng diduga dikorupsi Kasudin Pertanian dan Kehutanan Jakarta Timur yang kini ditahan di Rutan Cipinang. Akibat ulahnya negara dirugikan sekira Rp2,3 miliar.



(ysw)
loading gif
Top