3 Mantan Kapolda Metro Jaya yang Memiliki Deretan Brevet Terbanyak

Selasa, 11 Oktober 2022 - 15:41 WIB
loading...
3 Mantan Kapolda Metro Jaya yang Memiliki Deretan Brevet Terbanyak
Polda Metro Jaya merupakan pelaksana tugas Kepolisian Republik Indonesia di wilayah Provinsi DKI Jakarta dan sekitarnya. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Polda Metro Jaya merupakan pelaksana tugas Kepolisian Republik Indonesia di wilayah Provinsi DKI Jakarta dan sekitarnya. Dalam kepemimpinannya, Polda Metro Jaya dipimpin seorang Kepala Kepolisian Daerah.

Melihat sejarahnya, sejumlah Kapolda Metro Jaya tercatat memiliki banyak brevet yang tersemat dalam dirinya. Lantas, siapa sajakah mereka?

Baca juga : Fadil Imran Jabat Kapolda Metro Jaya, Niko Afinta Kapolda Jatim

Berikut tiga Kapolda Metro Jaya yang memiliki deretan brevet terbanyak.

1. Idham Azis

Jenderal Polisi (Purn) Idham Azis merupakan seorang purnawirawan Polri yang pernah menjadi Kapolri pada periode 2019 hingga 2021. Kala itu, dirinya didaulat untuk menggantikan Tito Karnavian.

Sepanjang kariernya di kepolisian, Idham Azis memiliki riwayat jabatan yang cukup mentereng. Pria kelahiran 30 Januari 1963 ini pernah menjadi Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan Polri (2016-2017) serta Kapolda Metro Jaya periode 2017-2019.

Dikutip dari pemberitaan Sindonews, Idham Azis memiliki sekitar 9 brevet polisi dan TNI. Di antaranya adalah Brevet Pelopor, Para Terjun, Bhayangkara Bahari, Penyidik Utama, Kavaleri Marinir Kelas II, Brevet Selam Indonesia, Pin Pelopor Lantas, Wing Penerbang TNI AU, hingga Brevet Hiu Kencana.

2. Tito Karnavian

Jenderal Polisi (Purn) Tito Karnavian saat ini menjabat sebagai Menteri Dalam Negeri Indonesia pada Kabinet Indonesia Maju di bawah pemerintahan Presiden Joko Widodo.

Dalam riwayat kariernya, pria kelahiran 26 Oktober 1964 ini juga pernah menempati posisi sebagai Kapolda Metro Jaya (2015-1016) hingga Kapolri (2016-2019). Hingga kini, Tito Karnavian diketahui memiliki sejumlah brevet yang didapatkan sepanjang kariernya.

Salah satu di antaranya adalah Wing Penerbang TNI AU. Dikutip dari pemberitaan MPI, dalam penyematan brevet ini yang berlangsung pada tahun 2017, Tito yang kala itu masih menjabat Kapolri juga sempat merasakan sensasi terbang dengan pesawat Sukhoi SU-30 MK2 bersama Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan beberapa orang lainnya.

Selain itu, Tito Karnavian juga memiliki sejumlah brevet lain seperti Hiu Kencana, Korps Lalu Lintas, Sabhara, Korps Brimob, dan beberapa lainnya.

Baca juga : Profil Komjen Purn Moechgiyarto, Mantan Kapolda Metro Jaya Peraih Adhi Makayasa

3. Dibyo Widodo

Berikutnya ada Dibyo Widodo. Jenderal Polisi (Purn) Dibyo Widodo merupakan seorang perwira tinggi kepolisian Indonesia yang pernah menjadi Kapolri pada periode 1996-1998.

Dikutip dari pemberitaan Sindonews, pria kelahiran 26 Mei 1946 ini lulus dari Akpol pada 1968, Bakaloreat PTIK pada 1972, Doktoral PTIK pada 1975, Sesko ABRI Bagpol pada 1981, serta Lemhannas pada 1993.

Sebelum menjabat Kapolri, Dibyo Widodo juga pernah menempati beberapa jabatan strategis seperti Wakapolda Nusa Tenggara, Wakapolda Metro Jaya, hingga Kapolda Metro Jaya.

Sepanjang kariernya, Dibyo Widodo memiliki empat brevet polisi dan TNI. Di antaranya adalah Selam Polri, Para Brimob Polri, Selam Angkatan Laut, serta Pandu Udara dari Kopassus Angkatan Darat.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1388 seconds (0.1#10.140)