Soal Banjir, Wagub Ariza: Intensitas Hujan Tinggi, Bukan Hanya Terjadi di Jakarta

Senin, 10 Oktober 2022 - 20:28 WIB
loading...
Soal Banjir, Wagub Ariza: Intensitas Hujan Tinggi, Bukan Hanya Terjadi di Jakarta
Wagub DKI Ahmad Riza Patria (Ariza) menyebut banjir yang terjadi di Ibu Kota disebabkan intensitas hujan yang tinggi dan bukan hanya terjadi di Jakarta. Foto: SINDOnews/Dok
A A A
JAKARTA - Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta Ahmad Riza Patria (Ariza) menyebut banjir yang terjadi di Ibu Kota disebabkan intensitas hujan yang tinggi. Bahkan banjir bukan hanya terjadi di Jakarta, tapi juga sejumlah wilayah di Indonesia.

Untuk itu, Ariza mengimbau masyarakat agar lebih berhati-hati. Sebab, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah menyampaikan peringatan dini potensi hujan lebat di sejumlah wilayah dalam beberapa hari ke depan, termasuk di wilayah Jakarta.

"Namun demikian, seperti yang kita alami bersama, sekalipun intensitas hujan yang tinggi terjadi genangan, alhamdulilah cepat surut," ujar Ariza, Senin (10/10/2022).



Menurut Ariza, banjir yang terjadi di Jakarta rata-rata surut sesuai target, yakni 6 jam. Namun, terdapat beberapa wilayah yang mengalami banjir lebih dari 6 jam akibat luapan Sungai Ciliwung.

Seperti di Jakarta Timur, antara lain Cawang, Kampung Melayu, Bidara Cina, dan Kebon Pala. Kemudian di Jakarta Selatan, yakni Tanjung Barat, Pejaten Timur, Pengadegan, Rajawati, Kebon Baru dan Manggarai.


Diketahui, wilayah tersebut mulai dilanda banjir pada Minggu, (9/10/2022) sekitar pukul 03.00 WIB. Namun, baru surut pada Senin (10/10/2022) sekitar pukul 18.00 WIB.

"Memang ada beberapa titik yang genangannya lama, bahkan 12 jam. Tapi sejauh ini kita upayakan terus secepat mungkin agar ada upaya penyedotan air, supaya genangan bisa cepat surut," kata Ariza.



Data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta hingga Senin (10/10/2022) pukul 18.00 WIB, genangan yang sebelumnya melanda wilayah Jakarta Timur dan Jakarta Selatan telah surut seluruhnya.

Kepala Pelaksana BPBD DKI Jakarta Isnawa Adji menyebut, hal ini terjadi berkat kolaborasi seluruh jajaran pemprov. Seperti Dinas Sumber Daya Air, Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan, Dinas Lingkungan Hidup, Satpol PP, PPSU Kelurahan, danjuga didukung oleh unsur TNI/Polri, unsur masyarakat dan lembaga pegiat kebencanaan yang terlibat dalam penanganan banjir.

“Selanjutnya, kami akan berfokus pada pembersihan sisa-sisa lumpur dan sampah yang ada pascabanjir. Saya mengucapkan apresiasi kepada seluruh jajaran Pemprov DKI," tandasnya.
(thm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1595 seconds (0.1#10.140)