Resmikan Gapura Little India di Pasar Baru, Anies: Jakarta Kota Akulturasi Budaya

Senin, 10 Oktober 2022 - 19:06 WIB
loading...
Resmikan Gapura Little India di Pasar Baru, Anies: Jakarta Kota Akulturasi Budaya
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meresmikan gapura di Little India, Jalan Pintu Air Raya, Pasar Baru, Sawah Besar, Jakarta Pusat, Senin (10/10/2022). Foto: MPI/Irfan Maulana
A A A
JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meresmikan gapura di Little India , Jalan Pintu Air Raya, Pasar Baru, Sawah Besar, Jakarta Pusat, Senin (10/10/2022). Anies disambut oleh warga dari Gerakan Masyarakat Sanathana Dharma Nusantara (Gema Sadhana).

Dia dikalungi tenunan khas India yakni Sari yang berwarna merah emas. Anies mengatakan, gapura Little India menandakan Jakarta merupakan kota dengan akulturasi budaya. Ramah terhadap budaya mana pun, termasuk India.

"Ini adalah satu kawasan yang mencerminkan betapa kayanya Jakarta sebagai rumah bagi semua. Di tempat inilah kita bisa merasakan ini adalah kota global yang sesungguhnya," ujar Anies, Senin (10/10/2022).
Baca juga: Hadiri Peresmian Kantor MPN Pemuda Pancasila, Teriakan Anies Presiden Menggema

"Berkumpul bukan saja dari seluruh nusantara, tapi berbagai belahan dunia. Termasuk di sini berkumpul masyarakat keturunan India yang berkegiatan dan menjadi bagian dari Jakarta," tambahnya.

Gapura ini memiliki tinggi sekitar 4,5 meter dan lebar 8 meter. Gapura dihiasi ornamen khas India. "Gapura ini menandakan bahwa Jakarta merupakan daerah akulturasi. Diharapkan warga yang datang ke sini bisa menikmati sensasi India," ucapnya.

Ketua Gema Sadhana AS Kobalen menuturkan peresmian gapura ini adalah bukti kalau Jakarta dapat menyetarakan berbagai budaya dan agama. "Ini merupakan gapura ketiga di Asia Tenggara yang kami bangun. Pertama di Singapura dan kedua di Malaysia," ujarnya.

"Kami berterima kasih kepada Pak Anies. Kami masyarakat Hindu merasa disetarakan dengan warga lainnya," sambungnya.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1524 seconds (0.1#10.140)