Banjir Kepung Bidara Cina, Warga Masih Bertahan di Rumah

Senin, 10 Oktober 2022 - 12:32 WIB
loading...
Banjir Kepung Bidara Cina, Warga Masih Bertahan di Rumah
Banjir setinggi 270 cm kepungKelurahan Bidara Cina, Kampung Melayu, Jakarta Timur, Senin (10/10/2022). Foto/MPI/Martin Ronaldo
A A A
JAKARTA - Naiknya luapan air bah di Bendung Katulampa, Bogor, sejak Minggu (9/10) malam, menyebabkan banjir di DKI Jakarta. Pasalnya, naiknya permukaan air bendung Katulampa menyebabkan Kali Ciliwung meluap hingga menggenangi permukiman warga.

Pantauan SINDOnews di Kawasan Rumah Susun Bidara Cina tepatnya di Kelurahan Bidara Cina, Kampung Melayu, Jakarta Timur, Senin (10/10/2022) terlihat ketinggian banjir setinggi 40 sampai dengan 270 cm.

Warga yang bermukim di bantaran kali tampak masih bertahan dikepungan banjir. Tak banyak yang dapat dilakukan oleh para warga selain menunggu banjir surut dan dapat beraktivitas seperti biasanya. Baca juga: Basarnas Peringatkan Warga Bantaran Sungai di Jakarta Waspada Banjir

Rohman salah seorang warga yang berada di Pos Kamling mengatakan air mulai naik dan memasuki permukiman rumah warga sekitar pukul 01.00 WIB. ”Meluap dari kali Ciliwung, kiriman dari Bogor katanya mah, jadi larinya kesini,” kata Rohman.

Saat itu banyak warga yang sedang beristirahat sehingga kebanyakan dari mereka tidak menyadari akan adanya banjir. ”Karena kondisinya tengah malam kan, jadi banyak warga yang kaget, langsung menaikkan barang-barang penting,”tegasnya.



BPBD DKI Jakarta merilis sebanyak 15 RT terendam banjir di kawasan Kelurahan Bidara Cina, Kampung Melayu, Jakarta Timur. Sebanyak 68 Rukun Tetangga (RT) di Ibu Kota terdampak banjir pada Senin (10/10/2022).

BPBD DKI Jakarta mengerahkan personel untuk memonitor kondisi genangan di setiap wilayah, dan mengkoordinasikan unsur Dinas SDA, Dinas Bina Marga, Dinas Gulkarmat untuk melakukan penyedotan genangan bersama dengan para lurah dan camat setempat.
(ams)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3614 seconds (11.97#12.26)