Aksi Protes Terus Berlanjut, Demonstran Iran Mengaku Tak Lagi Takut

Minggu, 09 Oktober 2022 - 05:30 WIB
loading...
Aksi Protes Terus Berlanjut, Demonstran Iran Mengaku Tak Lagi Takut
Aksi Protes Terus Berlanjut, Demonstran Iran Mengaku Tak Lagi Takut. FOTO/Reuters
A A A
TEHERAN - Para siswi Iran terus meneriakkan slogan-slogan perlawanan terhadap penguasa, para pekerja melakukan pemogokan dan bentrokan jalanan meletus di Iran pada Sabtu (8/10/2022). Ini adalah bagian dari aksi protes atas kematian Mahsa Amini yang sudah memasuki pekan keempat.

Kemarahan berkobar atas kematian wanita Kurdi Iran berusia 22 tahun pada 16 September, tiga hari setelah dia ditangkap di Teheran oleh Polisi Moral. Amini diduga melanggar aturan penggunaan hijab di Iran.



“Perempuan, hidup, kebebasan,” anak-anak perempuan terdengar melantunkan nyanyian di sebuah sekolah di kampung halaman Amini, Saqez, di provinsi Kurdistan, seperti dikutip dari AFP.

Di wilayah itu, sekelompok gadis lain terlihat mengayunkan jilbab di atas kepala mereka di jalan, dalam video yang menurut kelompok hak asasi Hengaw direkam pada Sabtu.

Dalam video lain yang dibagikan, sekelompok gadis terdengar meneriakkan kalimat yang sama—seruan protes—saat mereka memasuki sebuah sekolah di Sanandaj, ibu kota provinsi Kurdistan. Protes itu menyusul seruan agar orang-orang turun ke jalan lagi semalaman.

“Kami tidak takut lagi. Kami akan bertarung,” kata spanduk besar yang dipasang di jalan layang Modares yang memotong pusat kota Teheran, menurut gambar online yang diverifikasi oleh AFP.



Dalam video lain yang dibagikan secara luas, seorang pria terlihat mengubah kata-kata di papan iklan besar pemerintah dari “Polisi adalah pelayan rakyat” menjadi “Polisi adalah pembunuh rakyat.”

Hengaw, sebuah kelompok hak asasi Kurdi yang berbasis di Norwegia, mengatakan “serangan meluas” terjadi di Saqez, Sanandaj dan Divandarreh, di provinsi Kurdistan, serta Mahabad di provinsi Azerbaijan Barat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2197 seconds (0.1#10.140)